Preview Piala Asia U20 2023 Uzbekistan vs Indonesia: Laga Penentu Nasib Garuda Muda

Rio Pambudi
Timnas Indonesia U20 akan melakoni laga hidup menghadapi Uzbekistan. (Foto: Instagram/@pssi)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Laga pamungkas Grup A Piala Asia U20 2023 mempertemukan Uzbekistan vs Indonesia berlangsung di Stadion Istiqlol, Fergana, Uzbekistan, Selasa, 7 Maret 2023. Laga ini akan menjadi penentu nasib Garuda Muda lolos ke perempat final.

Pertandingan antara Timnas Uzbekistan U20 vs Timnas Indonesia U20 akan berlangsung pukul 21.00 WIB dan disiarkan secara live di RCTI.

Bagi Indonesia, pertandingan melawan tuan rumah Piala Asia U20 2023 itu adalah laga hidup mati. Tidak ada pilihan lain bagi anak asih Shin Tae-yong selain meraih kemenangan dari Uzbekistan.

Di fase grup, Timnas Indonesia telah melakoni dua pertandingan. Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan sempat dikalahkan Irak dengan skor 0-2 di laga pertama yang digelar pada Rabu, 1 Maret 2023.

Meski begitu, tim racikan Shin Tae-yong bisa bangkit di laga keduanya. Garuda Muda akhirnya masih bisa memiliki peluang untuk lolos perempat final setelah menang melawan Suriah.

Timnas Indonesia U20 membekuk Suriah dengan skor tipis 1-0  di Lokomotiv Stadium, Tashkent pada Sabtu (4/3/2023).

Membaca Peluang Indonesia Lolos ke Perempat Final

Sayangnya, Uzbekistan memiliki catatan yang lebih apik dari Tim Merah Putih. Pasalnya, Timnas Uzbekistan U20 berhasil melumat Suriah dengan skor 2-0 di laga pertama dan menang atas Irak dengan skor 1-0 di laga kedua.

Hasil dua kemenangan itu membuat Uzbekistan bertengger di puncak klasemen dengan poin 6. Hal itu berbeda dengan Indonesia yang kini masih berbagi poin dengan Irak.

Saat ini, Indonesia dan Irak sama-sama meraih 3 poin. Akan tetapi, anak asuh Shin Tae-yong jelas belum aman karena masih di peringkat ketiga lantaran kalah selisih gol dengan Iran.

Uzbekistan bermaterikan 23 pemain yang seluruhnya memiliki harga pasar menyentuh angka 2,05 juta euro atau setara Rp33 miliar. Mereka  memiliki gelandang mahal bernama Umarali Rakhmonaliev yang juga punggawa dari klub Rusia, Rubin Kazan.

Indonesia hanya akan lolos ke perempat final jika menang dari Uzbekistan. Itu pun dengan catatan Irak kalah dari Suriah atau kalah selisih gol dari Indonesia.

Hokky Caraka dan kolega harus bisa bermain lebih percaya diri dalam laga melawan tuan rumah Uzbekistan. Demi meraup hasil positif, Shin Tae-yong diprediksi mengandalkan formasi yang sama layaknya saat melibas Suriah U-20 dengan skor 1-0.

Pada laga terakhir, Shin memainkan pola 3-4-3. Posisi penjaga gawang dipercayakan kepada Daffa Fasya dan berhasil memberikan penampilan terbaiknya.

Tiga bek sejajar kemungkinan akan kembali ditempati trio solid saat melibas Suriah U-20, yakni Kakang Rudianto, Robi Darwis dan Muhammad Ferrari.

Sedangkan di posisi wing back kanan bakal ada nama Dzaky Asraf dan Dony Tri Pamungkas di sisi sebelahnya. Dua gelandang sentral cocok dihuni oleh Achmad Maulana dan Arkhan Fikri.

Lantas, Hugo Samir memiliki peluang besar mendapat kesempatan main sebagai starter untuk pertama kalinya bersama Timnas Indonesia U-20 di posisi depan. Hugo nantinya akan diplotkan sebagai striker bersama Hokky Caraka atau Ronaldo Kwateh.

Meski begitu, Uzbekistan yang kini sudah mengamankan tiket perempatfinal tentu bukanlah lawan mudah. Mereka bermaterikan 23 pemain yang seluruhnya memiliki harga pasar menyentuh angka 2,05 juta euro atau setara Rp33 miliar.

Itulah sekilas ulasan mengenai laga antara Uzbekistan melawan Indonesia di Piala Asia U20 2023. Menarik dinantikan nasib Timnas Indonesia berikutnya di ajang tersebut.

Editor : Mukmin Azis

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network