Nilai Kurs Rupiah Terhadap Dolar AS Melemah, Nyaris Sentuh Rp16.300

Anggie Ariesta
Nilai kurs rupiah terhadap dolar AS melemah, nyaris sentuh Rp16.300 (Reuters)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan hari ini, Rabu (12/6/2024) ditutup melemah tipis 3 poin poin atau 0,02 persen. Nilai tukar rupiah pun berada di level Rp16.294 setelah sebelumnya di Rp16.291 per dolar AS.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah sempat dibuka pada level Rp16.296 per dolar AS. Pengamat pasar uang, Ibrahim Assuaibi mengatakan, indeks dolar AS  stabil di dekat level tertinggi satu bulan pada hari ini, setelah rebound dalam beberapa sesi terakhir untuk mengantisipasi isyarat pada hari Rabu, pertemuan bank sentral Amerika.

"The Fed akan mengadakan pertemuan dua hari pada hari Rabu dan diperkirakan tidak akan mengubah suku bunganya. Namun setiap sinyal mengenai keputusan suku bunga di masa depan akan diawasi dengan ketat, terutama di tengah maraknya spekulasi mengenai potensi penurunan suku bunga pada bulan September," tulis Ibrahim dalam risetnya, Rabu (12/6/2024).

Para pelaku pasar juga mewaspadai kemungkinan sikap hawkish dari The Fed, di tengah tingginya inflasi dan kuatnya pasar tenaga kerja. Sebelum pertemuan Fed, data indeks harga konsumen juga akan dirilis pada hari Rabu, dan diperkirakan menunjukkan inflasi tetap stabil di bulan Mei.

Tren seperti ini memberi The Fed lebih banyak dorongan untuk mempertahankan suku bunga tinggi lebih lama. Data inflasi Tiongkok yang beragam juga menimbulkan beberapa kekhawatiran terhadap pemulihan ekonomi di negara tersebut.

Meskipun inflasi indeks harga produsen menyusut pada laju paling lambat dalam 15 bulan pada bulan Mei, inflasi indeks harga konsumen tumbuh kurang dari perkiraan, hampir tidak berada di luar wilayah kontraksi. Angka tersebut menunjukkan bahwa belanja konsumen yang merupakan pendorong utama perekonomian Tiongkok masih lemah, bahkan ketika aktivitas pabrik meningkat.

Dari sentimen domestik, ekonom menyambut baik pernyataan Bank Dunia yang kembali menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun ini karena ekspansi AS yang kuat, sembari memperingatkan bahwa perubahan iklim, perang, dan utang yang tinggi akan merugikan negara-negara miskin yang menjadi tempat tinggal sebagian besar penduduk dunia.

Bank ini menaikkan proyeksinya menjadi 2,6 persen dari perkiraan 2,4 persen di Januari akan menjadi akhir dari setengah dekade terburuk dalam pertumbuhan perdagangan sejak tahun 1990-an. Proyeksi naiknya pertumbuhan ekonomi global akan berdampak positif terhadap perekonomian asia tenggara, terutama Indonesia yang digadang-gadang baik oleh pemerintah ataupun Bank Indonesia berada di kisaran 5,11 persen secara tahunan.

Berdasarkan data tersebut, mata uang rupiah untuk perdagangan berikutnya diprediksi bergerak fluktuatif, namun kembali ditutup menguat di rentang Rp16.250 - Rp16.320.

Editor : Mukmin Azis

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network