Jet Tempur Israel Bombardir Kota di Lebanon, Balas Dendam Serangan Majda Shams

Anton Suhartono
Israel membombardir beberapa kota di Lebanon sebagai pembalasan atas serangan di Kota Majda Shams, daerah di Dataran Tinggi Golan (Foto: EPA-EFE)

DOHA, iNewsBalikpapan.id -Israel membombardir beberapa kota di Lebanon sebagai pembalasan atas serangan di Kota Majda Shams, daerah di Dataran Tinggi Golan yang diduduki. Serangan beberapa roket yang menyasar lapangan sepak bola dan playground tersebut menewaskan sedikitnya 12 orang dan melukai 35 lainnya.

Jet tempur Israel menyerang sedikitnya lima kota dan desa di Lebanon selatan. Serangan pembalasan ini dilakukan meskipun kelompok Hizbullah membantah terlibat dalam serangan di Majda Shams.

Stasiun televisi Lebanon Al Manar melaporkan, jet-jet tempur Israel menyerang Kota Khiam dan Kfarkela di Lebanon selatan serta di pinggiran Kota Aabbasiyyah dan Borj El Chmali di distrik Tyre. 

Selain itu, militer Zionis menembakkan rudal ke Desa Tayr Harfa.

Dataran Tinggi Golan sejatinya bagian dari Provinsi Quneitra, Suriah. Wilayah itu dihuni sebagian besar oleh kaum Druze, kelompok etnis Arab yang religius. Israel mencaplok wiayah itu setelah Perang Timut Tengah 1967 serta Perang Arab-Israel keempat pada 1973. 

Pada 1981, negara Yahudi tersebut secara sepihak mendeklarasikan kedaulatan atas wilayah tersebut, namun Dewan Keamanan PBB tidak mengakui keputusan ini, mengingat Dataran Tinggi Golan merupakan wilayah Suriah.

Editor : Mukmin Azis

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network