Gelar Rakernas di Balikpapan, INH dan PSHT Sinergi dalam Kegiatan Sosial Kemanusiaan

Mukmin Azis
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PSHT, Sabtu (5/10) di Gedung Asrama Haji Balikpapan. (Foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Presiden Direktur Internasional Networking for Humanity (INH), Luqmanul Hakim, mengungkapkan kolaborasi yang terjalin antara INH dan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) semakin memperkuat peran kedua organisasi dalam membantu masyarakat, khususnya dalam bidang sosial dan kemanusiaan.

"Permintaan kerjasama ini diajukan oleh PSHT sekitar satu minggu yang lalu, melalui Ketua Umum PSHT, Doktor Muhammad Taufik. Kami sangat terbuka dan berharap Memorandum of Understanding (MoU) ini bisa terus berlanjut. Sebagai lembaga yang bergerak di bidang filantropi, kami siap membuka kesempatan bagi siapapun yang ingin membantu masyarakat Indonesia," ujar Luqmanul Hakim dalam pemaparannya saat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PSHT, Sabtu (5/10) di Gedung Asrama Haji Balikpapan

Lebih lanjut, Luqmanul menjelaskan bahwa tujuan utama sinergi ini adalah mendukung berbagai program sosial yang dijalankan oleh PSHT.

"INH akan mensupport program PSHT, baik dalam bentuk pelatihan, media, maupun penggalangan dana. Kami juga akan melakukan pelatihan kepada cabang-cabang PSHT di seluruh Indonesia, terutama di bidang penanggulangan bencana," tambahnya.

Ia juga menekankan bahwa INH siap memberikan pelatihan bagi PSHT dalam berbagai bidang, seperti pelatihan jaringan media, strategi penggalangan dana, dan pelatihan penyelamatan dalam situasi darurat.

"Jika ada bencana, kami akan melatih mereka bagaimana cara menangani situasi darurat di lapangan," jelasnya.

Luqmanul berharap bahwa kolaborasi antara INH dan PSHT ini dapat meringankan beban pemerintah dalam menangani masalah kemanusiaan dan kebencanaan.

"Dengan sinergi ini, kami ingin mengajak PSHT untuk turut serta dalam membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah, baik bencana alam maupun masalah sosial seperti yatim piatu dan kaum dhuafa," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PSHT, Doktor Muhammad Taufik, menyambut baik kerjasama dengan INH ini. Menurutnya, INH memiliki pengalaman dan jaringan yang luas, terutama dalam hal modernisasi pengelolaan kegiatan sosial dan kemanusiaan.

"Kami sangat antusias dengan kerjasama ini, karena INH tidak hanya memiliki jaringan yang luas, tapi juga mampu memodernisasi pengelolaan kegiatan sosial. Mulai dari penyiapan proposal, pelaporan pertanggungjawaban, hingga aktivitas penanggulangan bencana," ujar Taufik.

Ia juga menambahkan bahwa PSHT memiliki jaringan yang kuat di seluruh Indonesia, dengan anggota yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, dan kebanyakan dekat dengan masyarakat lapisan bawah. "Kami berharap dengan sinergi ini, baik PSHT maupun INH dapat saling melengkapi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat," kata Taufik.

Dengan adanya kerjasama ini, kedua organisasi berkomitmen untuk memperkuat upaya-upaya penanggulangan bencana, serta program sosial lainnya demi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Editor : Mukmin Azis

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network