get app
inews
Aa Read Next : Kalah Lawan Korea Utara, Timnas Indonesia Tetap Lolos ke 16 Besar Asian Games 2022

Ratusan Keluarga di Korut Diserang Wabah Penyakit Usus, Begini Perintah Kim Jong Un

Jum'at, 17 Juni 2022 | 08:56 WIB
header img
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Foto: Reuters

PYONGYANG, iNews.id – Ratusan keluarga di Korea Utara diserang wabah penyakit usus yang belum teridentifikasi. Situasi tersebut berlangsung di saat negara itu tengah memerangi wabah Covid-19 pertamanya.

Reuters melansir, Pemimpin Korut Kim Jong Un beserta para pejabat senior lainnya tengah menyiapkan bantuan untuk dikirim kepada 800 keluarga yang menderita epidemi usus. Pyongyang sebelumnya mengungkapkan, mereka sedang menghadapi “epidemi enterik akut” bersamaan dengan wabah Covid selama berminggu-minggu. 

Otoritas setempat tidak menjelaskan secara perinci apa sebenarnya penyakit usus itu sebenarnya. Akan tetapi, istilah “enterik” mengacu pada saluran pencernaan.

“Para pejabat menyiapkan obat-obatan, bahan makanan, dan kebutuhan sehari-hari yang diperlukan untuk pengobatan epidemi dan mendukung kehidupan yang stabil untuk memberikan bantuan kepada orang-orang di Kota Haeju dan Kabupaten Kangryong (Provinsi Hwanghae Selatan),” demikian Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) melaporkan, Jumat (17/6/2022).

Menurut media itu, Kim meminta para pejabat untuk memenuhi “tugas” mereka dalam meringankan kesulitan dan penderitaan rakyat sesegera mungkin.

Pada Kamis (16/6/2022) kemarin, seorang pejabat di Kementerian Unifikasi Korea Selatan yang menangani urusan antar-Korea mengatakan, pihaknya sedang memantau wabah tersebut. Seoul menduga wabah penyakit usus itu adalah kolera atau tifus.

Provinsi Hwanghae Selatan adalah wilayah pertanian utama di Korut. Wabah tersebut menimbulkan kekhawatiran dapat menambah kekurangan pangan kronis di tengah gelombang infeksi Covid-19.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut