Logo Network
Network

Jokowi Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Rifqi Herjoko
.
Selasa, 28 Juni 2022 | 19:30 WIB
Jokowi Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023
Jokowi setuju Indonesia jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Dukungan tersebut disampaikannya langsung saat menerima PSSI.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut PSSI meminta arahan pemerintah untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Menurutnya, permintaan itu langsung disetujui Jokowi.

“Jadi ada permintaan persetujuan dari PSSI untuk kita mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Apa yang disampaikan (PSSI) saya langsung laporkan ke Pak Presiden untuk minta arahan,” ujar Amali, Selasa (28/6/2022).

“Beliau menyampaikan silakan kita mengajukan diri,” ujarnya

Menpora Amali mengatakan PSSI langsung akan berkoordinasi dengan AFC hari ini. PSSI bakal menyampaikan kesediaan Indonesia untuk menjadi tuan rumah.

“Nantinya, mereka (PSSI) akan menyampaikan surat dari PSSI untuk menjadi tuan rumah,” ujarnya.

Piala Asia 2023 harusnya digelar di China. Namun, Negeri Tirai Bambu tersebut mengundurkan diri karena kasus pandemi Covid-19 yang belum terkendal.

AFC pun mempersilakan negara-negara yang telah lolos ke putaran final untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah. Nantinya negara yang mengajukan diri akan diuji kelayakan pada Juli mendatang.

Sejauh ini, 4 negara telah mengajukan diri menjadi tuan rumah. Mereka adalah Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Qatar.

Indonesia bakal menjadi negara terbaru yang mengajukan diri menjadi tuan rumah ajang bergengsi tersebut. Publik tentunya berharap gelaran Piala Asia 2023 bisa diselenggarakan di Indonesia.

Dengan begitu, Timnas Indonesia bakal mendapatkan dukungan penuh suporter Tanah Air ketika berkiprah di ajang bergengsi tersebut.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.