get app
inews
Aa Read Next : Mentan Sebut Sulbar Bakal Jadi Pemasok Bahan Pangan IKN

Market Sounding Pembangunan Fasilitas IKN Nusantara dimulai Agustus Ini

Rabu, 20 Juli 2022 | 19:15 WIB
header img
Pembangunan fasilitas di kawasan inti Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dimulai Agustus 2022. Foto: iNews/Tsabita

JAKARTA, iNews.idJajak minat pasar atau market sounding kepada perusahaan dan lapisan masyarakat untuk membangun sejumlah fasilitas di IKN Nusantara di Kalimantan Timur akan dimulai Agustus 2022 mendatang.

Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono menyatakan, pihaknya siap menampung minat pihak yang ingin berpartisipasi dalam pembangunan fasilitas kesehatan, pendidikan dan kebutuhan sehari-hari di kawasan 1A IKN, atau Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN.

"Bulan Agustus kami akan memulai jajak pasar atau market sounding untuk menampung beberapa interest, beberapa keinginan, beberapa pihak dari elemen masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam pembangunan IKN," kata Bambang dalam keterangan pers secara virtual, seperti dikutip Antara, Rabu (20/7/2022).

Jajak minat pasar tersebut dilakukan beriringan dengan pengerjaan infrastruktur, termasuk bangunan-bangunan inti pada Agustus mendatang. Pengerjaan infrastruktur meliputi konsolidasi lahan, pembukaan lahan hingga akses logistik. Dengan begitu diharapkan pada tahun depan, pembangunan infrastruktur dan bangunan-bangunan inti sudah berada dalam skala penuh.

Di sisi lain, pembangunan fasilitas penunjang turut dilakukan, mulai dari fasilitas kesehatan, pendidikan, toko kebutuhan sehari-hari hingga pusat hiburan (amusement center). Sehingga target sebagai kota layak huni tercapai pada 2024.

"Nantinya satu ekosistem perkotaan yang komplit dari fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, fasilitas sehari-hari, fasilitas yang berhubungan amusement center, bagaimana kita nanti berwisata di sana, akan terangkum dan terajut dengan baik di kawasan inti pusat pemerintahan IKN," tuturnya.

Bambang juga memastikan, pembangunan IKN tidak akan memisahkan masyarakat lokal yang bermukim di sekitar, yakni di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut