get app
inews
Aa Read Next : Uzbekistan Lawan Timnas Indonesia U-23 di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Daftar Keluarga Terkaya di Dunia, Mulai Pemilik Usaha Minyak Hingga Jual Permen

Selasa, 26 Juli 2022 | 15:35 WIB
header img
Keluarga Walton, salah satu keluarga terkaya di dunia yang memiliki jaringan supermarket Walmart. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id -Sebagian besar orang kaya yang masuk daftar miliarder versi Forbes, umumnya memiliki bisnis yang dikelola bersama anggota keluarga. Meskipun banyak bisnis keluarga yang akhirnya pecah bahkan bangkrut, ada beberapa keluarga yang mampu mempertahankan bisnis mereka turun-temurun. 

Berikut 7 keluarga terkaya di dunia yang kekayaannya dinikmati turun temurun, sebagaimana dirangkum iNews, Selasa (26/7/2022):

1. Keluarga Walton

Perkiraan Kekayaan: 238 miliar dolar AS
Perusahaan: Walmart 

Keluarga Walton adalah keluarga terkaya di Amerika dan menurut ukuran tertentu, yang terkaya di dunia. Hal itu sebagaimana yang dialami keluarga Walton dengan bisnis Walmart.  Pada tahun 2022, Alice, Jim, dan Rob Walton masing-masing memiliki kekayaan lebih dari US$ 60 miliar. Hal ini membuat mereka dapat menempati peringkat No. 16, 18, dan 19, masing-masing, dalam daftar miliarder Forbes. 

2. Keluarga Mars

Perkiraan Kekayaan: 142 miliar dolar AS
Perusahaan: Mars 

Mars merupakan keluarga multigenerasi yang telah menjalankan bisnis cemilan dan permen. Produknya tersebar secara global dan sangat populer.  Saat ini, perusahaan tersebut lebih dikenal karena membuat produk M&M daripada untuk bar Mars eponymous-nya. Pada tahun 2017, perusahaan permen terbesar di dunia itu melakukan diversifikasi dengan membeli sebuah perusahaan perawatan hewan peliharaan seharga 9,1 miliar dolar AS.  Saudara Jacqueline dan John Mars, selaku pemilik perusahaan itu saat ini masing-masing memiliki kekayaan bersih 31,7 miliar dolar AS dan berada di urutan 41 dalam daftar miliarder Forbes. Perusahaan itu sekarang dijalankan oleh beberapa anak mereka, generasi keempat dari anggota keluarga Mars.

3. Keluarga Koch

Perkiraan Kekayaan: 124 miliar dolar AS
Perusahaan: Koch Industries 

Charles Koch merupakan salah satu orang terkaya di dunia berkat bisnis minyak yang didirikan oleh ayahnya. Namun sekarang ia mungkin lebih dikenal masyarakat umum karena dirinya yang mulai terjun di dunia politik.  Sebelumnya Charles bermitra dengan saudaranya, David, hingga kematian saudaranya tersebut pada tahun 2019. Kekayaan Charles diperkirakan mencapai US$ 60 miliar, berada di posisi ke-21 dengan istri dari mendiang David, Julia Koch dan keluarganya dalam daftar miliarder Forbes. 

4. Keluarga Herms

Perkiraan Kekayaan: 112 miliar dolar AS
Perusahaan: Herms 

Rumah mode Prancis dan pemasok barang mewah Hermes telah memukau dunia dengan syal, dasi, dan parfum khasnya, serta tas tangan Kelly dan Birkin yang ikonik. Kembali pada abad ke-19, pakaian berkuda Thierry Herms dibuat untuk aristokrasi.  Menggabungkan teknologi lama dan teknologi baru, perusahaan ini berhasil menjual Jam Tangan Apple Herms seharga US$ 1,299 ke atas. Axel Dumas saat ini menjabat sebagai CEO dan ketua perusahaan, dan Pierre-Alexis Dumas adalah direktur artistik. 

5. Al Saud

Perkiraan Kekayaan: 100 miliar dolar AS
Perusahaan: Keluarga Kerajaan Arab Saudi 

Keluarga kerajaan Saudi memiliki sejarah monarki yang membentang hampir satu abad. Kekayaan keluarga tersebut diperkirakan mencapai 100 miliar dolar AS dan terus tumbuh berkat pembayaran puluhan tahun dari Royal Diwan, kantor eksekutif raja.  Selain itu keluarga ini juga memiliki hubungan dengan Saudi Aramco, perusahaan raksasa industri minyak paling menguntungkan di dunia. Hal ini tentunya dapat memastikan bahwa keluarga kerajaan Saudi untuk terus mengumpulkan kekayaan.  Sulit untuk secara akurat menilai kekayaan keluarga Kerajaan Saudi ini sebagian karena keluarga tersebut berisi sebanyak 15.000 anggota tambahan dan banyak di antaranya telah mendirikan bisnis, menerima kontrak pemerintah, dan banyak lagi. 

6. Ambani

Perkiraan Kekayaan: 93,7 miliar dolar AS
Perusahaan: Industri Energi 

Keluarga Ambani tercatat memiliki kekayaan sebesar US$93,7 miliar. Kekayaan keluarga asal Mumbai, India tersebut berasal dari Reliance Industries yang bergerak di bidang energi, petrokimia, tekstil, sumber daya alam, ritel, dan telekomunikasi. 

7. Wertheimer   

Perkiraan Kekayaan: 61,8 miliar dolar AS
Perusahaan: Fashion

Keluarga Wertheimer dengan kekayaan sebesar US$61,8 miliar. kekayaan keluarga ini berasal dari merek fesyen terkemuka asal Paris, Chanel.

 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut