get app
inews
Aa Read Next : FIFA Tunjuk Cile Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2025, Ambisi Indonesia Pupus

Buah Asli Indonesia yang Sulit Ditemukan di Negara Lain, Ada Rasa dan Aroma Dianggap Aneh

Rabu, 27 Juli 2022 | 08:10 WIB
header img
Buah asli Indonesia yang sulit ditemukan di negara lain (Foto:Pexels)

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa buah asli Indonesia yang sulit ditemukan di negara lain. Sebagai negara tropis di kawasan Khatulistiwa, Indonesia memang sering dijuluki sebagai taman surga.

Dilansir iNews.id dari data Kementerian Pertanian, Sabtu (9/7/2022), setidaknya ada 25 hingga 35 jenis buah asli Indonesia yang berasal dari berbagai wilayah Nusantara. Berikut ini adalah buah asli Indonesia yang sulit ditemukan di belahan bumi yang lain.

7 Buah Asli Indonesia yang Sulit Ditemukan di Negara Lain:

1. Jambu Air

Buah asli Indonesia yang memiliki nama latin Myrtaceae ini menjadi salah satu yang sulit ditemukan di negara lain. Meski buah ini tumbuh di wilayah tropis, tidak semua negara yang berada di sekitar ekuator memiliki buah ini.

Buah segar ini biasa matang dan siap panen ketika musim kemarau. Jambu air umumnya berwarna merah di bagian luar dan putih di dalamnya. Di Indonesia, buah ini tumbuh di kawasan dataran rendah hingga sedang dengan ketinggian 100-1600 meter di atas permukaan laut.

2. Rambutan

Rambutan juga merupakan buah tropis yang sulit ditemukan di negara lain. Padahal, buah ini sangat familier di Indonesia. Seperti namanya, ciri khas buah ini adalah pada kulit buahnya yang berambut.

Saat sudah matang, buah ini akan berwarna merah dengan daging buah yang putih kenyal. Rasa buah ini manis masam dan segar. Dan umumnya, buah ini mulai tumbuh antara bulan Januari hingga Maret.

3. Salak

Salak pada dasarnya sering dijumpai tumbuh liar di alam. Khususnya di pulau Jawa dan Sumatera bagian selatan. Buah tropis dengan kulit yang kasar ini cukup sulit ditemukan di negara lain. Ciri khas lain adalah pohonnya yang berduri. Buah ini telah banyak dibudidayakan dan menjadi komoditi tersendiri yang cukup diminati.

4. Manggis

Manggis memiliki yang nama latin Garcinia mangostana L umumnya tumbuh di wilayah tropis. Meski familier di Indonesia, buah ini ternyata sulit dijumpai di negara lain. Manggis berbentuk bulat dengan warna kulit keunguan. Sementara bagian dalam buah ini adalah putih dengan rasa yang manis, masam, dan segar. Jika durian dijuluki sebagai 'Raja Buah', maka manggis mendapat julukan sebagai 'Ratu Buah'.

5. Kedondong

Kedondong atau yang memiliki nama latin adalah buah yang tumbuh subur di kawasan beriklim tropis yang panas dan lembab. Buah ini sebenarnya tumbuh di beberapa kawasan Asia hingga Afrika. Namun, tidak seperti di Indonesia, buah ini sebenarnya sangat jarang ditemukan di negara lain. Ciri khas buah ini adalah rasanya yang masam segar dan bijinya yang berserabut.

6. Kelengkeng

Buah Nusantara selanjutnya adalah adalah kelengkeng atau lengkeng. Buah ini memiliki latin Dimocarpus longan dan berkembang bagus di Indonesia, khususnya di kawasan dataran sedang dan tinggi.

Buah ini masuk keluarga sapindaceae, sub famili sapindaceae dan genus dimocarpus. Daging buah ini memiliki rasa yang manis, dan warna transparan.

7. Durian

Durian merupakan buah asli Indonesia yang sangat istimewa. Buah ini sangat disukai sekaligus tidak disenangi karena aromanya yang menyengat.

Durian memang tumbuh di wilayah tropis dan dijuluki sebagai King of Fruit atau Rajanya Buah. Nama buah ini berasal diambil dari bentuk kulit buahnya yang dipenuhi dengan duri. Saking sulitnya ditemukan di negara lain, buah ini sering dianggap aneh oleh sebagian masyarakat asing, baik secara rasa dan aroma. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut