get app
inews
Aa Read Next : Budak Narkoba Ditangkap Polda Kalsel, Seludupkan Sabu 4 Kg Dicokok di Bandara Syamsuddin Noor

Pesilat Cantik Malaysia Kenakan Jilbab Meski Kristen, Begini Alasannya

Senin, 08 Agustus 2022 | 19:36 WIB
header img
Pesilat Malaysia, Merrywati Manuil mencuri perhatian publik setelah mengenakan jilbab saat bertanding. (Foto: Dok Pribadi/Facebook)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Penampilan atlet pencak silat Malaysia, Merrywati Manuil mencuri perhatian publik. Dara berparas cantik itu mengenakan jilbab saat bertanding, padahal Dia beragama Kristen.

Pada kejuaraan Pencak Silat Dunia 2022 yang berlangsung di Melaka International Trade Center, Ayer Keroh, atlet berusia 19 tahun itu mempersembahkan medali emas untuk Malaysia. Dia pun menjelaskan alasannya memakai jilbab saat bertanding meskipun tak ada aturan yang mewajibkannya.

“Banyak orang bertanya-tanya mengapa saya memakai jilbab meskipun saya seorang Kristen. Silat adalah warisan orang Melayu. Sebagai non-Melayu, saya menghormati, mengagumi, dan mencintai silat. Meski tidak wajib berhijab, saya lebih memilih menggunakannya saat bertanding," kata Merrywati, di akun Facebooknya, seperti dilaporkan World of Buzz, Senin (8/8/2022).

Lebih lanjut Merrywati menyampaikan bahwa jilbab mewakili sikap sopan santun.

"Jilbab tidak hanya wajib bagi perempuan Melayu untuk menjaga kesopanan, tapi juga bagi saya untuk terlihat lebih sopan, rapi, dan beradab selama bertanding. Sama sekali tak ada paksaan dari pihak mana pun," tuturnya.

Menurut Merrywati, penting baginya untuk mempelajari tradisi dan warisan orang Melayu. Dia pun tertarik mempelajari budaya Melayu, sampai mempraktikannya.

“Saya sedang mempelajari ilmu orang Melayu, tentu saya akan mengikuti dan bertindak sesuai apa yang saya pelajari. Mudah-mudahan pertanyaan terkait jilbab ini terjawab sekarang," ujarnya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut