Logo Network
Network

Begini Kronologi Kecelakaan Mobil yang Pertama Kali Terjadi di Dunia

Ami Heppy S
.
Senin, 08 Agustus 2022 | 21:57 WIB
Begini Kronologi Kecelakaan Mobil yang Pertama Kali Terjadi di Dunia
Kronologi kecelakaan mobil pertama di dunia. (Foto: ilustrasi/The Atlantic)

JAKARTA, iNews.id - Mobil merupakan moda transportasi yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Sepanjang sejarah sejak pertama kali ditemukan hingga saat ini, tak sedikit kecelakaan lalu lintas melibatkan mobil.

Akan tetapi, tak banyak yang tahu kapan dan bagaimana kecelakaan mobil yang pertama terjadi dalam sejarah dunia. Untuk itu, iNews.id akan mengulas kronologi kecelakaan mobil pertama di dunia.

Kecelakaan Mobil Pertama dalam Sejarah

Kecelakaan mobil pertama dalam sejarah dunia terjadi pada tahun 1869, ketika ilmuwan Irlandia bernama Mary Ward mengendarai mobil bertenaga uap.

Dikutip dari History Daily, di jalur menikung, Ward mendadak terlempar dari tempat duduknya hingga jatuh di jalanan. Nahasnya, salah satu roda mobil terlepas, lalu meluncur dan menghantam bagian leher Ward. Dia pun tewas di lokasi kejadian.

Sedangkan untuk kasus kecelakaan mobil bertenaga bensin pertama terjadi di Ohio, Amerika Serikat.  

Pada tahun 1891, insinyur James Lambert sedang mengendarai penemuannya, yakni sebuah kereta bertenaga bensin awal.  Saat itu, mobil yang ditumpanginya bersama James Swoveland, menabrak akar pohon yang mencuat dari tanah.

Lambert kehilangan kendali hingga kendaraannya oleng dan menabrak tiang pancang. Beruntungnya, kedua pria itu hanya mengalami luka ringan.

Untuk kasus kecelakaan akibat ditabrak mobil terjadi pada Agustus 1986. Korbannya adalah seorang wanita pejalan kaki bernama Bridget Driscoll. Saat itu Ia tengah melakukan perjalanan ke Crystal Palace, London, Inggris.

Melansir dari BBC, Driscoll tertabrak saat menyebrang jalan bersama putrinya dan seorang teman wanita. Driscoll dilaporkan tewas dalam insiden tersebut.

Mobil yang menabrak Driscoll adalah sebuah Roger-Benz yang sudah dimodifikasi untuk pasar Inggris. Mobil tersebut memiliki kecepatan maksimal 13,5 km/jam, namun sudah dimodifikasi dengan batasan kecepatan hanya 6,5 km/jam.

Nah, itulah kisah tentang kecelakaan mobil pertama dalam sejarah dunia.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News

Bagikan Artikel Ini