get app
inews
Aa Read Next : Mentan Sebut Sulbar Bakal Jadi Pemasok Bahan Pangan IKN

Rencana Groundbreaking IKN Nusantara Oleh Jokowi Belum Jelas

Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:31 WIB
header img
Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (Foto: dok. iNews.id/RoyM)

BALIKPAPAN, iNews.id – Tim Transisi belum bisa memastikan pelaksanaan groundbreaking pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Koordinator Tim Informasi dan Komunikasi Tim Transisi IKN Sidik Purnomo mengaku belum mendapat informasi mengenai hal tersebut.

Meski demikian, Dia menegaskan bahwa Presiden akan memantau progres pembangunan IKN secara berkala.

"Pemahaman kami seperti apa yang telah diberitakan bahwa beliau (Jokowi) kan memang akan memantau perkembangan IKN itu," tuturnya, Selasa (16/8/2022).

Lebih lanjut kata Sidik, sejak awal Jokowi tidak terlalu menitikberatkan pada kegiatan groundbreaking melainkan pada kegiatan nyata pembangunan IKN.

"Karena memang yang terpenting bagi beliau ya progres pembangunannya. Percuma jika groundbreaking tapi pembangunan tidak berjalan," jelasnya. 

Sebelumnya beredar kabar bahwa Presiden Jokowi akan melakukan groundbreaking pembangunan IKN Nusantara. Masih menurut kabar yang mengemuka, kegiatan tersebut dijadwalkan berlangsung sekitar pertengahan Agustus 2022.

Belakangan, Sidik mengungkap agenda yang dijadwalkan berlangsung di IKN dalam waktu dekat yakni, upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022.

Meski dipersiapkan secara sederhana, momentum ini sekaligus ditujukan sebagai keseriusan pembangun IKN. 

"Tak begitu besar, nanti akan dilakukan oleh seluruh pekerja konstruksi yang bekerja dalam pembangunan IKN ini," ujarnya.

Sidik juga mengemukakan, Kepala Otorita diupayakan hadir memimpin upacara tersebut yang sekaligus sebagai kesempatan untuk memonitor langsung perkembangan proses pembangunan. 

"Nanti ya di tanggal 17 Agustus. Insya Allah Kepala Otorita sedang kami jadwalkan hadir," ujarnya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut