Wapres Ma'ruf Amin Sebut di IKN Akan Dibangun Sport Science Center

Binti Mufarida
.
Sabtu, 10 September 2022 | 09:14 WIB
Wapres Ma'ruf Amin di acara Haornas 2022 (dok. Setwapres)

BALIKPAPAN, iNews.id - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan pemerintah akan membuat sport science center di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Fasilitas itu dibangun untuk pusat pengembangan ekosistem olahraga nasional. “Jadi kita ingin membangun ekosistem ini ya, dengan menggunakan pendekatan-pendekatan ilmu pengetahuan, karena itu kita membangun sport science center. Di sini (IKN) akan kita bangun itu,” kata Wapres usai menghadiri peringatan Hari Olahraga Nasional ke-39, di Balikpapan, Kaltim, Jumat (9/9/2022).

Wapres mengatakan, Haornas tahun ini harus dijadikan momentum menggelorakan semangat berolahraga untuk mewujudkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Dengan demikian, kata Ma'ruf, diharapkan bisa mewujudkan prestasi olahraga yang berskala dunia. “Ujungnya adalah kita ingin benar-benar wujudkan prestasi olahraga yang berskala dunia,” kata Ma'ruf.

Menurut Ma'ruf, dalam menggelorakan olahraga harus dibangun kolaborasi di tingkat pusat. Semua katanya harus terlibat gerakan ini, termasuk hingga ke level menteri. “Kolaborasi pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, dan pemerintah daerah harus menganggarkan untuk olahraga dan juga menggerakkan olahraga di daerah,” katanya. Ma'ruf yakin dengan menggelorakan olahraga dari hulu hingga ke hilir maka akan bisa mencetak prestasi-prestasi. “Dari hulunya itu kesegaran, kebugaran, hilirnya adalah prestasi,” katanya.

Editor : Mukmin Azis
Bagikan Artikel Ini