Mengintip Besaran Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II, Ternyata Didanai Oleh Publik

Ikhsan Permana SP
.
Selasa, 20 September 2022 | 06:50 WIB
Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Upacara pemakaman Ratu Elizabeth II secara kenegaraan didanai oleh publik. Pemakaman secara kenegaraan diadakan di Westminster Abbey, London, Inggris, pada hari ini, Senin (19/9/2022) pukul 11.00 waktu setempat.  Di balik acara pemakaman Ratu Elizabeth II yang berlangsung khusyuk, publik Inggris bahkan dunia berspekulasi tentang berapa biaya yang dikeluarkan.

Dikutip dari Sputnik, Senin (19/9/2022), pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth diperkirakan menelan biaya lebih dari 10,1 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp150 miliar (kurs: 14.977/dolar).  Belum ada angka resmi biaya pemakaman Ratu Elizabeth II secara kenegaraan yang diumumkan pihak Kerajaan Inggris. Namun perkiraan biaya yang dipublikasikan Sputnik mengacu pada biaya upacara kerajaan yang telah dilakukan sebelumnya. 

Jumlah undangan yang akan hadir di pemakaman Ratu diperkirakan sekitar 750.000 orang. Akibatnya, pejabat keamanan London telah mempersiapkan diri untuk memastikan semuanya berjalan lancar.  Terlepas dari kenyataan bahwa Westminster Abbey biasanya menampung 2.200 orang, kursi tambahan diharapkan akan diatur di sana untuk menampung lebih dari 8.000 orang. 

Meskipun tidak ada contoh terbaru tentang biaya pemakaman kenegaraan, acara kerajaan sebelumnya dapat memberikan gambaran tentang berapa banyak dana yang diperlukan untuk mengatur acara tersebut.  Menurut laporan Sputnik, perkiraan biaya untuk pemakaman Putri Diana pada tahun 1997 adalah 3,4 juta-5,5 juta dolar AS. Saat itu, acara tersebut dijuluki sebagai salah satu acara televisi terbesar dalam sejarah karena 2.000 orang menghadiri upacara di Westminster Abbey, dan sekitar 2,5 miliar orang menontonnya di televisi di seluruh dunia.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Pemakaman Ratu Elizabeth II, Berapa Biayanya? ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/pemakaman-ratu-elizabeth-ii-berapa-biayanya.


Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Mukmin Azis
Bagikan Artikel Ini