Audit Kelaikan Truk Laka Maut di Jalur Poros Balikpapan, Polisi Libatkan Tim Ahli

Roy Marisi
.
Kamis, 22 September 2022 | 20:07 WIB
Kepolisian mengaudit kelaikan truk nahas dalam kecelakaan maut di jalur poros Balikpapan-Samarinda. (iNews.id)

BALIKPAPAN, iNews.id – Kepolisian masih menunggu hasil audit kelaikan truk yang menabrak belasan orang dalam kecelakaan maut di jalur poros Balikpapan-Samarinda, kilometer 24, Karangjoang Balikpapan Utara.

Direktur lalu lintas (Dirlantas) Polda Kaltim Kombes Sony Irawan memastikan audit telah dilakukan oleh tim ahli Balai Pengelola Transportasi Daerah (BPTD) dan Dinas Perhubungan (Dishub).

“Sudah berkoordinasi dengan Dishub dan juga tim ahli dari BPTD untuk melakukan audit terhadap kendaraan dari sisi registrasi dokumen, termasuk kelaikannya. Ini masih proses, kita tunggu hasilnya,” ujar Sony, Kamis (22/9/2022).

Meski tim Traffic Accidents Analyst (TAA) saat olah TKP sebelumnya mendapati indikasi kelalaian oleh sopir truk, pengembangan kasus tetap akan dilakukan.

“Akan tetap kita kembangkan. Termasuk indikasi yang mengarah pada unsur kesengajaannya. Karena melihat dari olah tempat kejadian kemarin, masih ada space untuk dia (sopir truk) menghindari benturan itu,” jelasnya.

Satu Keluarga Meninggal Dalam Kecelakaan Maut KM 24 Balikpapan, Berikut Data Lengkap Para Korban

Untuk diketahui, sopir truk self loader berplat nomor S 9129 UZ berinsial A telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kecelakaan maut tersebut.  Penyidik unit laka Satlantas Polresta Balikpapan sementara menjerat A dengan Pasal 310 Undang Undang Nomor 25 tahun 2009 mengenai kelalaian yang memicu kecelakaan lalu lintas hingga menyebabkan korban meninggal dunia.

Kecelakaan di jalur poros Balikpapan-Samarinda itu terjadi Selasa (21/9) sekitar pukul 23.00 Wita. Saat kejadian, truk yang dikemudikan A menabrak 11 penumpang dan pengemudi Toyota Etios KT 1039 CM dan Daihatsu Pickup Grand Max KT 8790 QS di bahu jalan.

Menurut keterangan yang dihimpun kepolisian, A mendadak membanting stir ke kiri saat mengetahui datangnya truk lain dari arah berlawanan. Namun, A kemudian tak sanggup mengendalikan laju kendaraan hingga mengakibatkan lima orang meninggal, satu luka berat dan lima lainnya luka ringan.

Truk Tabrak Belasan Penumpang Mobil di Jalur Poros Balikpapan-Samarinda, Lima Orang Tewas

Editor : Mukmin Azis
Bagikan Artikel Ini