get app
inews
Aa Read Next : Gerbong Mutasi Polri, Kombes Pol Juda Nusa Putra Jabat Dirreskrimsus Polda Kaltim

Ini Daftar Enam Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Ada Tiga Perwira Polisi

Kamis, 06 Oktober 2022 | 21:01 WIB
header img
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengumumkan enam tersangka kasus tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. (Foto: Avirista Midaada)

JAKARTA, iNews.id Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengumumkan enam tersangka kasus tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Penetapan tersangka itu setelah Polri melakukan gelar perkara.

"Tadi pagi telah dilaksanakan gelar perkara dan meningkatkan status terkait dengan dugaan Pasal 359 dan 360 KUHP tentang menyebabkan orang meninggal ataupun luka-luka berat. Maka ditetapkan saat ini 6 tersangka,” kata Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Kamis (6/10/2022).

Keenam tersangka itu terdiri atas Direktur LIB Akhmad Hadian Lukita, tiga perwira polisi masing-masing Kabagops Polres Malang Wahyu SS, Danki Brimob Polda Jatim AKP H, dan Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Achmadi. Selain itu, Ketua Panitia Pelaksana Arema Malang Abdul Haris dan Security Steward, Suko Sutrisno.

Sebelumnya Tim Investigasi Mabes Polri juga telah menaikkan status tragedi Kanjuruhan ke penyidikan. Sebab, ada unsur kelalaian yang mengarah pada pelanggaran KUHP dalam tregedi tersebut. 

Kapolri juga telah mencopot sembilan perwira polisi buntut tragedi Kanjuruhan. Kesembilan perwira itu termasuk Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat, komandan batalyon, komandan pleton, dan komando kompi Brimob Polda Jawa Timur.

Diketahui, peristiwa Kanjuruhan berawal ketika sejumlah suporter Arema FC atau Aremania turun ke lapangan ketika timnya dikalahkan Persebaya dengan skor 2-3, Sabtu 1 Oktober 2022. 

Artikel ini telah tayang di jatim.inews.id dengan judul " Kapolri Umumkan 6 Tersangka Kasus Tragedi Kanjuruhan, Ini Daftar Lengkapnya ", Klik untuk baca: https://jatim.inews.id/berita/kapolri-umumkan-6-tersangka-kasus-tragedi-kanjuruhan-ini-daftar-lengkapnya?_ga=2.134151819.467866928.1653877473-CTmOeOLXIIvLsZDQQB2_1XbmRp69XtutL2GDjZ7hZD6wT6N1ewwGlpxDbkubdzA2.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut