Logo Network
Network

Ini Deretan Negara di Dunia Yang Menjual BBM Termurah, Ada Cuma Rp327,6 per Liternya Loh

Amy Heppy S
.
Selasa, 11 Oktober 2022 | 08:12 WIB
Ini Deretan Negara di Dunia Yang Menjual BBM Termurah,  Ada Cuma Rp327,6 per Liternya Loh
Negara dengan harga BBM termurah di dunia (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Harga minyak dunia dikabarkan akan mengalami kenaikan tentu saja kondisi ini akan menjadi masalah sebab kebutuhan BBM begitu penting. Nah, ternyata sejumlah negara diketahui memiliki harga BBM termurah di dunia tentunya masyarakatnya cukup beruntung karena dapat membeli BBM dengan harga murah.

Sayangnya, Indonesia ternyata tidak masuk daftar negara yang menjual BBM (RON 95) termurah di dunia berdasarkan data Global Petrol Prices, per 29 Agustus 2022.

Berikut iNews.id telah merangkum lima negara dengan harga BBM termurah di dunia.

1. Libya

Harga BBM di Libya berada di angka Rp451 per liternya. Sama seperti Iran, negara ini juga masuk daftar negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia dengan jumlah produksi mencapai 500.000 barel per hari.

Jumlah ini berbanding terbalik jumlah konsumsi masyarakatnya yang hanya sebesar 200 ribu barel per hari. Berdasarkan catatan Energy Information Administration (EIA) AS menyebutkan bahwa 3% dari seluruh cadangan minyak dunia berasal dari Libya.

2. Kuwait

Kuwait merupakan negara penghasil minyak bumi terbesar kesembilan di dunia. Pada tahun 2016, Kuwait memperoleh 3.072.000 barel per hari.  Ini bisa dibilang sebagai pertanda buruk bagi perekonomian Kuwait, karena minyak menyumbang 60% dari PDB dan lebih dari 95% dari pendapatan ekspornya.

Harga BBM di negara ini adalah Rp5.071 per liter. Nah, itulah beberapa negara dengan harga BBM termurah di dunia.

3. Algeria

Harga minyak di Algeria dibanderol 0,32 dolar AS atau sekitar Rp4.760 per liternya. Meski harga minyak di Algeria ini lebih mahal 10 kali lipat dari negara tetangganya, Libya.

Namun BBM di negara ini masuk daftar termurah di dunia.

4. Iran

Iran merupakan salah satu negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia, yakni sebanyak kurang lebih 2.546.000 barel per hari.

Menurut Energy Information Administration, Iran memegang cadangan minyak terbesar ketiga di dunia, serta cadangan gas alam terbesar kedua di dunia. Maka tak heran jika Iran masuk daftar negara dengan harga BBM termurah di dunia.

Di negara ini, BBM dijual dengan harga Rp795 per liternya.

5. Venezuela

Harga BBM di Venezuela sebesar USD0,022 per liter atau sekitar Rp327,6 per liter. Ini menjadikannya sebagai negara dengan harga BBM termurah di dunia.

Hal ini disebabkan karena Venezuela merupakan negara yang memiliki cadangan minyak terbesar di dunia serta produsen minyak terbesar nomor 12 di dunia.

Negara ini mampu memproduksi minyak bumi mencapai 2,35 juta barel per hari. Selain itu, adanya subsidi yang besar dari pemerintah juga menjadi faktor murahnya harga BBM di Venezuela.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 5 Negara dengan Harga BBM Termurah di Dunia, Ada yang Dibawah Rp500 Per Liter "
 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News

Bagikan Artikel Ini