get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Drone Ukraina Serang Rusia saat Pilpres

Strategi Menangkan Perang Lawan Rusia, Negara G7 Janji Bantu Ukraina

Rabu, 12 Oktober 2022 | 07:58 WIB
header img
Kelompok Negara G7 melalui pernyataan bersama, berkomitmen membatu Ukraina selama dibutuhkan. (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Kelompok Negara G7 melalui pernyataan bersama, berkomitmen membantu Ukraina selama dibutuhkan. Bantuan itu berupa dukungan keuangan, kemanusiaan, militer, diplomatik dan hukum. 

"Kami akan terus memberikan dukungan dan akan berdiri teguh dengan Ukraina selama diperlukan," kata mereka. 

Selain itu, G7 juga meyakinkan Presiden Volodymyr Zelensky bahwa mereka teguh dalam komitmen untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan Ukraina untuk menegakkan kedaulatan dan integritas teritorialnya. 

Para pemimpin negara-negara G7 juga menyatakan siap membuat pengaturan tentang komitmen keamanan untuk membantu Ukraina mempertahankan diri dalam konflik dengan Rusia.

“Kami siap untuk mencapai pengaturan bersama dengan negara-negara dan lembaga-lembaga yang berkepentingan juga Ukraina tentang keamanan berkelanjutan dan komitmen lain untuk membantu Ukraina mempertahankan diri, mengamankan masa depannya yang bebas dan demokratis, dan menghalangi agresi Rusia di masa depan," kata mereka yang dikeluarkan pemerintah Inggris.

Sebelumnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta para pemimpin negara-negara Kelompok Tujuh (G7) untuk lebih banyak memberikan sistem pertahanan udara ke Ukraina. Zelensky berdalih, selain untuk menghentikan inbasi Rusia, sistem pertahanan udara juga untuk mendukung inisiatifnya di perbatasan Belarusia.

 “Ketika Ukraina menerima sistem pertahanan udara modern dan efektif dalam jumlah yang cukup, elemen kunci teror Rusia, serangan roket akan berhenti bekerja,” kata Zelensky, Selasa (11/10/2022).

  Zelensky bergabung dengan pertemuan virtual para pemimpin G7 sehari setelah rudal menghujani kota-kota Ukraina termasuk ibu kota Kiev. Pimpinan Ukraina itu juga menyerukan sanksi baru yang keras terhadap Moskow namun tetap mengesampingkan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul  Negara G7 Janji Bantu Ukraina Menangkan Perang Lawan Rusia 
 

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut