get app
inews
Aa Read Next : Gempa Terkini Magnitudo 5,6 Guncang Bengkulu Selatan, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa Cianjur Telan Belasan Korban Jiwa, Ratusan Orang Dilaporkan Luka Berat

Senin, 21 November 2022 | 16:05 WIB
header img
Gempa Cianjur pada Senin (21/11/2022) menelan korban jiwa. (Foto: Ist/BNPB)

JAKARTA, iNews.id - Gempa berkekuatan Magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022) memakan korban jiwa. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto menyatakan, 14 orang meninggal akibat gempa tersebut.

"14 orang meninggal dunia," kata Suharyanto saat konferensi pers.

Korban meninggal tersebar di Kecamatan Cilaku, Kecamatan Cianjur, dan Kecamatan Cugenang. Akibat peristiwa tersebut, BNPB juga melaporkan ada 17 orang mengalami luka-luka.

Suharyanto menegaskan, data tersebut masih bersifat sementara. Pihaknya masih terus melakukan proses pendataan.

Adapun dampak yang timbul akibat kejadian tersebut yakni kerusakan sejumlah rumah, fasilitas pendidikan, rumah sakit, sarana ibadah dan sebagainya.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, titik episenter gempa berada pada titik koordinat 6.84 LS, 107.05 BT. Pusat gempa berada di 10 kilometer Barat Daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dengan kedalaman 10 km.

Sementara itu, menurut catatan Polres setempat, seperti disampaikan Kapolres Cianjur AKBP Doni Suherman, ada 20 orang meninggal dunia akibat tertimpa material bangunan yang roboh karena guncangan gempa. Jasad para korban telah dievakuasi ke RSUD Sayang Cianjur.

"RSUD Cianjur Sayang menerima laporan ada 20 orang meninggal dunia dan ratusan warga lainnya luka-luka akibat gempa bumi 5,6 Magnitudo di Kabupaten Cianjur. Sementara dari rumah sakit lain belum ada laporan," tutur Doni

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut