Logo Network
Network

Ukir Sejarah Piala Dunia, Pertama Kali 3 Tim Asia Lolos 16 Besar

Maulana Yusuf
.
Sabtu, 03 Desember 2022 | 11:40 WIB
Ukir Sejarah Piala Dunia, Pertama Kali 3 Tim Asia Lolos 16 Besar
Sejarah terukir di Piala Dunia 2022. Ada tiga wakil Asia yang berhasil lolos ke babak 16 Besar yakni Australia, Jepang dan Korea Selatan.(Foto: REUTERS)

DOHA, iNewsBalikpapan.id - Sejarah terukir di Piala Dunia 2022. Ada tiga wakil Asia yang berhasil lolos ke babak 16 Besar yakni Australia, Jepang dan Korea Selatan.

Korsel menjadi negara Benua Kuning terakhir yang mendapatkan tiket babak gugur. Tim berjuluk Taeguk Warriors itu lolos secara dramatis usai menang 2-1 atas Portugal pada matchday terakhir Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Jumat (2/12/2022) malam WIB.

Padahal Korea Selatan sempat tertinggal lewat gol cepat Ricardo Horta di menit kelima. Akan tetapi, tim asuhan Paulo Bento itu berhasil comeback lewat gol Kim Young-gwon (27) dan Hwang Hee-chan (90).

Dikutip dari Squawka, Sabtu (3/12/2022), untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia, tiga negara dari AFC lolos ke babak 16 Besar. Bahkan, Asia memiliki lebih banyak perwakilan daripada Amerika Selatan yang hanya menyisakan dua wakil yakni Brasil dan Argentina saja.

 

Sebelum Korea Selatan, Australia lebih dulu memastikan tiket tersebut usai menjadi runner-up Grup D dengan jumlah enam poin. Tim yang dijuluki Socceroos utu menemani pemuncak klasemen grup tersebut, Prancis yang memiliki jumlah poin sama namun lebih unggul selisih gol.


Sementara itu, Jepang juga mengikuti jejak Australia. Tim Samurai Biru itu lolos ke babak 16 besar usai menjadi pemuncak Grup E dengan jumlah enam poin, di atas runner-up grup yakni Spanyol yang hanya mengoleksi empat poin.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News

Bagikan Artikel Ini