Stadion 974 Dibongkar Usai Laga Brasil v Korea Selatan, Ada Apa?

Ilham Sigit Pratama
.
Selasa, 06 Desember 2022 | 19:16 WIB
Stadion 974 di Doha, Qatar langsung dibongkar usai menghelat laga Brasil versus Korea Selatan, Selasa (6/12/2022). (Foto: Qatar2022.qa)

DOHA, iNewsBalikpapan.id - Stadion 974 di Doha, Qatar langsung dibongkar setelah menghelat laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Brasil versus Korea Selatan, Selasa (6/12/2022). Stadion ini memiliki keunikan karena bisa dibongkar pasang.

Stadion 974 terbuat dari kontainer, sehingga dapat dibongkar pasang. Melansir Arabian Bussiness, stadion tersebut akan dirakit kembali menggunakan kontainer jika dibutuhkan.

Kontainer-kontainer yang tersusun membangun struktur stadion rencananya akan dikirimkan ke negara-negara yang membutuhkan. Satu di antaranya ke Uruguay, jika nantinya terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030.

Untuk diketahui, 974 Stadium merupakan venue Piala Dunia pertama yang bisa dibangung dengan cara bongkar-pasang.

Semula, venue tersebut dinamakan Ras Abu Aboud Stadium, sesuai dengan lokasinya berdiri. Namun, akhirnya diganti dengan nama 974 Stadium.

Pembangunan stadion ini merupakan komitmen Qatar untuk menggelar Piala Dunia yang ramah lingkungan. Bahan utama kontainer ditujukan untuk mengefisiensi biaya pembangunan infrastruktur.

Pada gelaran Piala Dunia 2022, stadion berkapasitas 44.089 penonton tersebut telah menghelat tujuh pertandingan. Pertandingan sisa pada babak final Piala Dunia Qatar akan dilangsungkan di stadion lain.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News

Bagikan Artikel Ini