get app
inews
Aa
Read Next : PLN Gelar Apel Siaga Kelistrikan Nasional, Kesiapan Keandalan Listrik Lebaran 2024

Drone Kamikaze Rusia Serang Jaringan Listrik di Odesa Ukraina

Senin, 12 Desember 2022 | 05:56 WIB
header img
Rusia menggunakan pesawat tak berawak (drone) untuk menyerang fasilitas energi pada Sabtu (10/12/2022) di Odesa Ukraina. (Foto: AP)

ODESA, iNewsBalikpapan.id- Semua infrastruktur non-kritis di kota pelabuhan selatan Ukraina, Odesa tanpa listrik setelah Rusia menggunakan pesawat tak berawak (drone) untuk menyerang fasilitas energi pada Sabtu (10/12/2022), dengan sebagian besar wilayah sekitarnya juga terpengaruh.

"Karena skala kerusakan, semua pengguna di Odesa kecuali infrastruktur kritis telah diputus dari listrik," tulis Wali Kota Odesa Gennadiy Trukhanov di Facebook, dikutip BBC.

Odesa, kota pelabuhan terbesar di Ukraina, memiliki populasi lebih dari satu juta sebelum invasi Rusia pada 24 Februari lalu.

Sebuah pernyataan yang diposting oleh pemerintah kota di aplikasi Telegram mengatakan bahwa serangan Rusia mengenai jalur transmisi dan peralatan utama di wilayah Odesa pada dini hari pada Sabtu (10/12/2022).

Gubernur wilayah Odesa Maksym Marchenko mengatakan Rusia menggunakan drone "kamikaze", yang terbang ke sasaran mereka daripada menembakkan amunisi, dan dua telah ditembak jatuh di atas Laut Hitam.

"Akibat serangan, tidak ada listrik di hampir semua distrik dan komunitas di wilayah kami," tulis Marchenko di Telegram.

Pada Sabtu (10/12/2022) , tentara Ukraina mengatakan telah menembak jatuh 10 drone, dengan lima drone lainnya mengenai fasilitas energi - menyebabkan sekitar 1,5 juta orang tanpa listrik.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut