get app
inews
Aa Read Next : Pangkalan Militer Amerika Serikat di Suriah Dihantam Roket

Amerika Serikat Bantah Kapal Perang USS Milius Diusir China di Laut China Selatan

Kamis, 23 Maret 2023 | 19:57 WIB
header img
AS membantah kapal perang USS Milius diusir China di Laut China Selatan (Foto: Reuters)

BEIJING, iNewsBalikpapan.id - Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) membantah kapal perangnya diusir oleh China dari perairan dekat Kepulauan Paracel, Laut China Selatan.

Sebelumnya militer China menyatakan telah mengusir kapal perang USS Milius dari perairan sengketa itu. Armada Ke-7 AL AS menyatakan, kapal perusak pembawa rudal itu melakukan pelayaran rutin di perairan tersebut dan tak benar diusir.

“USS Milius sedang melakukan operasi rutin di Laut China Selatan dan tidak diusir," bunyi pernyataan, dikutip dari Reuters, Kamis (23/3/2023).

Ditegaskan pula, miilter AS akan terus terbang, berlayar, serta beroperasi di mana pun hukum internasional mengizinkan.
Militer China sebelumnya mengklaim telah mengusir kapal perang AS yang berlayar memasuki perairan di sekitar kepulauan Paracel, Laut China Selatan.

Disebutkan kapal perang perusak berpeluru kendali itu hendak memasuki perairan tanpa mendapat persetujuan dari pemerintah. Langkah itu disebut merusak perdamaian dan stabilitas di jalur perairan yang ramai.

"Pasukan armada tetap dalam kondisi siaga tinggi setiap saat dan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk secara tegas menjaga kedaulatan dan keamanan nasional serta perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan," kata Juru Bicara Komando Armada Selatan China, Tian Junli.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut