get app
inews
Aa Read Next : Infrastruktur Kelistrikan di IKN Diprediksi Selesai Tepat Waktu, GM PLN UIP KLT: Kami Optimis!

IWAPI Balikpapan Siap Ambil Bagian Dalam Pembangunan IKN

Senin, 17 April 2023 | 21:11 WIB
header img
IWAPI Balikpapan menyatakan siap mendukung pembangunan IKN di wilayah Kalimantan Timur. (Foto: Dok/iNews)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id- Ketua DPC Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Balikpapan Yuli Sinta Novianti menyatakan siap mendukung pembangunan IKN di wilayah Kalimantan Timur. 

Dirinya melihat bahwa IKN sebagai suatu anugerah. Sehingga pihaknya sangat mensupport proses pemindahan Ibukota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. 

"Saya melihat pembangunan yang sedang berlangsung sudah signifikan yakni 23% pembangunan di sana dengan 23 Tower yang sudah terbangun. Kemudian akan masuk 16.000 orang perkerja. Kondisi yang demikian tentunya kita apresiasi demi kemajuan Kaltim," ucapnya kepada wartawan, Minggu (16/4/2023)

Upaya strategis yang akan pihaknya lakukan dengan adanya perpindahan masyarakat ke Ibu Kota Nusantara, yakni mempersiapkan pelatihan SDM yang terus di upgrade.

Karena dengan adanya pembangunan, dengan adanya eksodus masyarakat yang pindah ke Kota kita Kita harus siap menghadapinya dan juga bisa bersinergi ilmu yang dari sana kita serap, kita juga disini belajar dan kolaborasi yang baik dengan penambahan manusia yang akan hadir khususnya di IKN dan pintu gerbangnya Kota Balikpapan," ujarnya.

Untuk itu, IWAPI melakukan pembenahan cara perizinan, pembenahan secara marketing, karena sekarang zaman teknologi semua harus melek teknologi.

IWAPI juga sudah mengedukasi ke anggota untuk bisa update produk-produk itu di sosmed, di IG, dan kerjasama dengan Kominfo

"Jadi kami tetap mengupgrade jenis usahanya dari mulai marketing, packaging, seller produk, perizinan, itu harus kami siapkan untuk bisa bersaing, karena sekarang banyak sekali kita lihat di Kota Balikpapan tumbuh kembangnya pelaku kuliner, berarti dengan adanya IKN sesuatu anugerah banyaknya pelaku usaha yang timbul berarti perekonomian maju di Kota Balikpapan, itu imbas daripada pembangunan IKN," tuturnya.

Ia menyampaikan adapun dampak positif pembangunan IKN yang dirasakan Hotel selalu penuh dengan kegiatan-kegiatan dari pusat yang terus diadakan di Kota Balikpapan, dengan adanya kegiatan Gubernur Se-Indonesia, Walikota Se-Indonesia, tentunya UMKM kami terasa sekali dan juga anggota-anggota yang ikut dilibatkan pameran, Restoran dan pelaku usaha bisa ikut andil.

Tantangan adanya IKN, IWAPI sebagai organisasi profesi harus bisa mengupgrade SDMnya, mengikuti kegiatan-kegiatan pelatihan potensi diri, harus terus berlatih untuk bisa mengikuti trend Ibu Kota.

"Kami Konsisten untuk membangun kegiatan Ibu Kota Negara, sebagai pelaku usaha tentunya kami tetap mengawal pembangunan Ibu Kota Negara agar selesai sesuai dengan target yang ditentukan oleh pemerintah, kami siap mensupportnya dan mengapresiasinya, asal pemerintah juga memperhatikan pelaku usaha yang ada di Kota Balikpapan khususnya IWAPI karena kami banyak punya anggota yang harus dikawal oleh Otorita IKN," pungkasnya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut