get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Bakal Buka Formasi CPNS Khusus Putra-Putri Kalimantan 

Pembangunan IKN Nusantara Optimis Jadi Kota Bebas Polusi

Rabu, 26 April 2023 | 22:02 WIB
header img
IKN (Foto: dok iNews)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Dengan mengusung konsep kota hutan yang berkelanjutan (Forest City), pembangunan IKN Nusantara diyakini akan menjadi ibu kota negara yang bebas dari polusi.

Hanya 25% dari area Nusantara yang akan dibangun, sedangkan 75% sisanya akan menjadi area hijau yang termasuk 65% area tersebut tetap sebagai hutan tropis. Kondisi ini akan memungkinkan warga Nusantara hidup berdampingan dengan alam

Angelina Purba, Duta Lingkungan Hidup Kota Balikpapan mengatakan, pemindahan IKN dari Jakarta ke Kalimantan Timur akan memberikan dampak positif terhadap kemajuan dalam bidang infrastruktur maupun perekonomiannya serta mengurangi jumlah polusi dan sampah yang ada di ibu kota sebelumnya yaitu Jakarta

Karena dengan perpindahan masyarakat ke Jakarta ke Kalimantan artinya hal itu mengurangi jumlah penghasil sampah yang ada di Jakarta dan juga dampak positif dalam bidang sosialnya lebih banyak masyarakat dari luar daerah yang mengenal Kalimantan Timur.

"Sebagai generasi muda hal yang dapat kita lakukan untuk menyukseskan pembangunan IKN belajar dengan giat sehingga kita dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di Kalimantan sehingga kita bisa bersaing dan terlibat langsung dalam pembangunan IKN, Kami Duta Lingkungan Hidup Siap mengawal dan mensukseskan pembangunan IKN agar selesai sesuai dengan target yang ditentukan pemerintah," katanya kepada wartawan, Rabu (26/4/2023). 

Dengan adanya IKN, kesiapan daya dukungnya sebagai Duta lingkungan hidup kota Balikpapan, dengan membekali diri dengan ilmu pengetahuan lingkungan yang cukup untuk mengetahui kondisi lingkungan saat ini, serta mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dan melakukan aksi nyata terhadap lingkungan.

Sebagai seorang Duta era digital ini dirinya berusaha semaksimal mungkin untuk mengoptimalkan peran sosial media dalam menginves orang lain dan mengajak orang lain untuk melakukan aksi nyata terhadap lingkungan kita.

Ia menyampaikan, tantangan dengan adanya IKN, bertambahnya penduduk akan merubah pola pikir masyarakat lokal di Kalimantan dan sehingga perlu melakukan adaptasi dalam berbagai hal baik dalam sesama manusia maupun terhadap lingkungan

"Karena habit orang Indonesia yang lebih suka memakai kendaraan transportasi untuk mobilitas menyebabkan emisi kendaraan bermotor bertambah seiring dengan bertambahnya penduduk di Kalimantan dan saya yakin pemerintah dengan konsep green energi dapat menciptakan ibu kota negara yang bebas dari polusi," ucapnya.

Dalam upaya menyambut hadirnya IKN, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan Duta selanjutnya yaitu duta lingkungan hidup tahun 2023 untuk melanjutkan tongkat estafet perjuangan selanjutnya serta mengajak masyarakat dan melakukan aksi nyata terhadap lingkungan untuk mengubah lingkungan menjadi lebih baik. 

"Kami Duta Lingkungan Hidup Kota Balikpapan siap mensukseskan pembangunan ibu kota negara yang mengusung konsep green city, green forest dan green energi," ujarnya

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut