get app
inews
Aa Read Next : Hilang saat Latihan Gabungan, Tentara AS Ditemukan Tewas di Hutan Karawang

Puing Kapal Selam Titanic yang Hilang Ditemukan, Begini Kondisinya

Jum'at, 23 Juni 2023 | 13:10 WIB
header img
Penampakan kapal selam wisata Titan milik OceanGate saat masih utuh. Kapal itu kini ditemukan sudah jadi puing di dasar Samudra Atlantik. (Foto: Ist.)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Kapal Selam Titanic hilang di bawah laut Atlantik, Kanada. Seluruh penumpang dinyatakan tewas setelah pasokan oksigen telah habis.

Kapal selam Ocean Gate Titan berpenumpang lima orang berisi para miliarder. Paket wisata yang ditawarkan selama perjalanan sebesar 250.000 Dolar AS.

Korps Penjaga Pantai AS memastikan para awak kapal selam wisata Titan telah tewas. Kepastian itu didapat setelah sebuah kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh menemukan puing-puing Titan yang tergeletak di dasar laut, Kamis (22/6/2023) waktu AS.

Kapal selam wisata Titan milik OceanGate sebelumnya dilaporkan hilang saat melakukan perjalanan menuju bangkai kapal Titanic di dasar Samudra Atlantik.

Laksamana Muda Penjaga Pantai AS, John Mauger mengatakan, penemuan puing tersebut menunjukkan bahwa awak kapal selam itu telah tewas akibat ledakan dahsyat.

“Pagi ini, ROV, atau kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh dari kapal Horizon Arctic menemukan kerucut ekor kapal selam Titan kira-kira 1.600 kaki (487,7 meter) dari haluan Titanic di dasar laut,” ungkap Mauger saat konferensi pers, Kamis. 

“ROV kemudian menemukan puing-puing lainnya… Puing-puing itu konsisten dengan kehilangan bencana dari ruang tekanan,” ujarnya.

Pengumuman tersebut sekaligus menandai berakhirnya operasi pencarian dan penyelamatan (SAR) para awak Titan yang sudah berlangsung selama berhari-hari. Banyak pemerintah yang terlibat dalam proses itu. Mereka mengerahkan berbagai sumber daya dengan harapan dapat menemukan awak kapal dalam keadaan hidup.

Pascapenemuan puing itu, pihak berwenang segera menghubungi keluarga awak kapal dan memberi tahu kabar duka tersebut.

Mauger menuturkan, proses pencarian jenazah awak Titan tetap berlanjut.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut