get app
inews
Aa Read Next : CEO Persiba Temui Wali Kota Rahmad Masud, Pemkot Balikpapan Siap Bantu Lapangan Latihan

Stadion Batakan Balikpapan Digadang Bakal Jadi Venue Piala Dunia U-17 2023, Begini Profilnya

Sabtu, 26 Agustus 2023 | 14:12 WIB
header img
Stadion Batakan Balikpapan Digadang Bakal Jadi Venue Piala Dunia U-17 2023, Begini Profilnya. (Foto: instagram)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.idStadion Batakan Balikpapan mencuri perhatian pencinta sepak bola di Indonesia. Pasalnya, stadion yang berlokasi di Balikpapan markas klub Liga 2 Persiba Balikpapan ini digadang bakal menjadi salah satu venue Piala Dunia U-17 2023. 

Adapun Piala Dunia U-17 2023 bakal dihelat 10 November hingga 2 Desember 2023 di Indonesia. Ajang sepak bola itu bakal diikuti 24 negara. 

Nama Stadion Batakan Balikpapan mencuat usai Timnas Indonesia tidak diperkenankan tampil di Stadion Gelora Utama Bung Karno pada Piala AFF 2022. Pasalnya, stadion tersebut direncanakan akan menjadi venue Piala Dunia U-20 2023 yang akhirnya batal terlaksana. 


Stadion Batakan Balikpapan

Lantas seperti apa profil Stadion Batakan Balikpapan itu? Berikut ulasan lengkapnya dirangkum berbagai sumber, Jumat (25/08/2023). 

Profil Stadion Batakan Balikpapan

Stadion Batakan terletak di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Pembangunan stadion ini dimulai pada 2011 silam. Masa pembangunan stadion ini setidaknya memakan waktu selama enam tahun. 

Adapun biaya pembangunan stadion ini mencapai Rp1,2 triliun. Pada akhirnya Stadion Batakan resmi dibuka pada 2017. Stadion yang jadi markas Persiba Balikpapan ini berkapasitas 40 ribu kursi penonton. 

Laga Persiba Balikpapan vs Persegres Gresik menjadi laga peresmian dibukanya Stadion Batakan pada 9 September 2017. Laga tersebut ditonton sekitar 10.125 penonton. 

Stadion Batakan Balikpapan berstandar FIFA 

Stadion yang sempat menjadi calon venue Piala Dunia U-20 2023 ini telah berstandar FIFA. Stadion Batakan Balikpapan mengalami renovasi beberapa tahun lalu. Pemasangan kursi single seat menjadi salah satu bagian pada stadion yang turut direnovasi. 

Berbagai fasilitas berstandar FIFA yang terdapat di Stadion Batakan diantaranya gelanggang olahraga, ruang Press Conference, ruang pemanasan, gelanggang olahraga hingga lift dan escalator. 

Stadion Batakan Balikpapan itu menggunakan rumput jenis Zoysia Matrella. Jenis rumput tersebut merupakan jenis rumput sesuai standar FIFA. Tidak hanya itu, Stadion Batakan terdapat 270 buah lampu LED dengan pencahayaan sebesar 2.300 lux.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut