get app
inews
Aa Read Next : 18 Karya Jurnalistik Terima Penghargaan PLN Journalist Awards 2023

Akomodir Listrik IKN Nusantara, Dewan Komisaris PLN Tinjau Proyek UIP KLT 

Senin, 28 Agustus 2023 | 09:43 WIB
header img
Dewan Komisaris PT PLN (Persero) dan Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan PT PLN (Persero) memastikan kebutuhan listrik di IKN Nusantara terakomodir. (Foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Dewan Komisaris PT PLN (Persero) dan Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan PT PLN (Persero) melakukan kunjungan kerja ke Kota Balikpapan. 

Kunjungan kerja yang dilaksanakan pada 22-24 Agustus 2023 ini dilaksanakan dalam rangka Rapat Koordinasi Kondisi Kelistrikan di Kalimantan Timur. Dimana salah satu tugas yang tengah dilaksanakan yaitu penyediaan infrastruktur ketenagalistrikan dalam rangka mengakomodir kebutuhan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dalam kesempatan kegiatan Rapat Koordinasi tersebut mewakili jajaran Dewan Komisaris,  Alex Iskandar Munaf, Komisaris Independen menyapa seluruh insan PLN Group yang berada di Kota Balikpapan. 

Dirinya menyampaikan dalam sambutannya bahwa saat ini seluruh pembangunan di IKN merupakan hal yang menjadi perhatian, salah satunya yang dilaksanakan oleh PLN dalam rangka penyediaan infrastruktur ketenagalistrikan nya. 

"PLN harus menjawab tantangan penyediaan sistem kelistrikan yang mengusung konsep Green, Smart and Beautiful dan tentunya andal tanpa zero down time," katanya. 

Untuk memotivasi seluruh pejuang kelistrikan PLN Group Kalimantan Timur, Alex menyampaikan bahwa pekerjaan di IKN bukan merupakan hal baru bagi PLN. 

"Ini seperti pekerjaan yang biasa dilakukan PLN untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Namun, karena amanah yang diberikan harus diselesaikan pada tahun 2024, maka PLN harus bergerak secara cepat dan progresif," ujarnya.

"Mulai dari penyediaan transmisi dan gardu induk oleh PLN UIP KLT, penyediaan infrastruktur distribusi energi serta pengoperasionalan oleh PLN UID Kaltimra dan PLN UIP3B Kalimantan, hingga penyediaan pembangkit yang akan dilaksanakan oleh PLN Nusantara Power, semuanya harus bekerja sama untuk memberikan pelayanan terbaik dan prima," lanjut dia. 

Pada kesempatan kunjungan kali ini, Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan PT PLN (Persero), Wiluyo Kusdwiharto memberikan arahan bahwa dalam pelaksanaan pembangunan di IKN ini, seluruh unit PLN yang terlibat harus berkolaborasi untuk dapat memastikan setiap pelaksanaan di lapangan dilakukan sesuai dengan perencanaan yang telah matang.

Kegiatan kunjungan ini kemudian ditutup dengan melihat secara langsung pekerjaan di lapangan yang tengah dilaksanakan oleh insan PLN. 

Mengawal kunjungan ke lapangan lapangan, General Manager PLN UIP KLT Josua Simanungkalit juga memaparkan progres pembangunan SUTT 150kV Kariangau – GIS 4 IKN yang tengah berjalan. Saat ini kegiatan juga telah masuk dalam tahap konstruksi secara paralel pada kegiatan pondasi.

“PLN berkomitmen untuk dapat menyelesaikan proyek pembangunan ini tepat waktu. Sehingga dapat menjadi momentum yang bahagia, dimana sistem kelistrikan yang andal dan prima dapat dirasakan ketika Upacara Kemerdekaan tahun 2024 di IKN Nusantara mendatang,” tutup Josua.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut