get app
inews
Aa Read Next : Mentan Sebut Sulbar Bakal Jadi Pemasok Bahan Pangan IKN

Universitas Balikpapan Dirikan Fakultas Kedokteran, Dukung Pelayanan Kesehatan di IKN Nusantara

Selasa, 05 September 2023 | 05:33 WIB
header img
Penandatanganan naskah kerja sama pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Balikpapan. (Foto: YOVANDA NONI)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Sebagai langkah mengambil bagian mendukung pelayanan Kesehatan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Universitas Balikpapan (Uniba) mendirikan Fakultas Kedokteran. Uniba merupakan kampus swasta pertama di Kalimantan Timur (Kaltim) yang berani membangun fakultas kedokteran.

Untuk mencetak dokter, Uniba menggandeng Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) IA Moeis Samarinda.

Ketua Dewan Pembina Yapenti Dharma Wirawan Kaltim Rendi S Ismail mengatakan, sangat bersyukur Uniba dapat bekerjasama dengan RSUD IA Moeis Samarinda. Pihaknya berharap Kerjasama itu dapat berjalan lancar hingga terbitnya izin pendirian dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“Saya bersyukur fakultas kedokteran Uniba dapat bekerjasama dengan RS IA Moes dan tentu kami berterimakasih pada Pemkot Samarinda. Kerjasama ini sudah kami tunggu, mudah-mudahan semua proses pendirian fakultas kedokteran lancar,” kata Rendi S Ismail.

Diperkirakan, ujar Rendi S Ismail, izin operasional akan terbit pada Bulan November 2023. Setelah itu, pihaknya akan langsung menyiapkan sarana-prasarana kampus mulai dari gedung hingga rencana pembangunan Rumah sakit Pendidikan Uniba.

"Izin operasional paling November sudah diterima. Setelah itu, kita persiapan penerimaan mahasiswa di tahun 2024. Kita siapkan pembangunan kampus dan pembangunan RS Pendidikan, paling tidak 5 tahun ke depan sudah disiapkan,” tutur dia.

Rektor Uniba Isradi Zainal mengatakan, jumlah dokter di Kaltim saat ini masih timpang dengan kebutuhan. Dengan kehadiran IKN, jumlah dokter di Kaltim dirasa sangat kurang sehingga harus ada tambahan pendidikan kedokteran.

“Perbandingan dokter masih sangat kurang. Jumlah dokter di Kaltim saja kurang, ditambah IKN tentu jumlahnya jomplang dari jumlah penduduk Kaltim,” kata Rektor Uniba.

Isradi Zainal menyatakan, dukungan pendirian itu sudah mengalir dari semua stakeholder. Tidak hanya dari Badan Otorita IKN Nusantara, pemerintah, tapi juga dari para pejabat dan tokoh-tokoh adat.

Pendirian fakultas kedokteran menjadi fokus utama untuk pelayanan Kesehatan Kaltim dan IKN. Sebagai kampus swasta, Isradi yakin Uniba mampu menciptakan lulusan dokter berkualitas.

“Sebenarnya kebutuhan dokter ini untuk Kaltim, makin jomplang Ketika nanti untuk kebutuhan IKN. Itu menjadi pertimbangan, pendirian ini didukung banyak pihak. Baik Badan Otorita IKN, pemerintah, pejabat hingga tokoh adat dan masyarakat,” ujar Isradi Zainal.

Alasan Uniba menggandeng RS IA Moes, Isradi menjelaskan bahwa rumah sakit tersebut dinilai paling cocok membantu proses belajar -mengajar di fakultas kedokteran Uniba. Harapannya, izin segera terbit dan Uniba bisa langsung membuka pendaftaran mahasiswa baru di tahun mendatang.

“Kami tetap bekerjasama dengan semua Rumah Sakit yang ada di Kaltim. Namun dilihat dari segi aspek kebutuhan, RS IA Moeis adalah yang paling memenuhi. Sudah diupayakan semua,” tutur dia.

Hadir dalam penandatanganan kerja sama, Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi menyebut pihaknya mendukung upaya pendirian fakultas kedokteran di Uniba. Melalui RSUD IA Moeis, Pemerintah Kota Samarinda akan meningkatkan kualitas Pendidikan. Tidak hanya sarana -prasarana tapi juga tenaga-tenaga medis terutama tenaga dokter.

“Kaltim dan IKN memang sangat membutuhkan tenaga dokter. Seiring dengan RS IA Moeis menjadi RS Pendidikan, maka kami akan meningkatkan bukan hanya sarana prasarana tapi juga tenaga dokternya,” kata Wakil Wali Kota Samarinda.

Rusmadi sangat mengapresiasi Uniba mendirikan fakultas kedokteran, karena selain untuk menyiapkan tenaga-tenaga dokter di Kaltim, tapi juga menunjang pelayanan kesehatan untuk IKN.

“Saya kira semangat Uniba mendirikan fakultas kedokteran sangat baik. Terutama nanti lonjakan penduduk yang akan datang ke IKN, tentu membutuhkan pelayanan prima. Kita sudah siapkan dan ini alasan Pemerintah Samarinda memberi support melalui RS IA Moeis,” ujar dia.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut