get app
inews
Aa Read Next : 18 Karya Jurnalistik Terima Penghargaan PLN Journalist Awards 2023

PLN Segera Kembangkan Jaringan Listrik, Terhubung ke Singapura dan Malaysia

Rabu, 06 September 2023 | 07:33 WIB
header img
PLN Bakal Kembangkan Jaringan Listrik, Terhubung ke Malaysia dan Singapura. (Foto: dok PLN IP)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menuturkan bakal mengembangkan jaringan listrik miliknya. Nantinya, jaringan tersebut menghubungkan Indonesia, Malaysia hingga Singapura

Diungkapkannya, perseroan sangat terbuka dalam mengembangkan energi terbarukan seperti tenaga surya dan yang juga akan menjadi platform terbaru negara ASEAN. 

"Ini juga didasarkan pada kolaborasi dan baseline jaringan listrik ASEAN akan ada koneksi tambahan ke Sabah Malaysia dan Singapura," ucap dia di hadapan Presiden Joko Widodo dan para pemimpin Negara ASEAN di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Selasa (5/9/2023). 

Dalam kesempakatan itu, Darmawan juga mempresentasikan mengenai perjalanan PLN dalam mencapai nol emisi karbon pada 2060 mendatang. Salah satunya dengan membatalkan sejumlah proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara dengan kapasitas total 13,3 gigawatt (GW).

Ia menambahkan, PLN juga sudah menambah smart grid yang bisa mendongkrak pembangunan energi bersih dari 5 gigawatt menjadi 28 gigawat. Upaya ini tak lain demi mendorong tercapainya nol emisi karbon pada 2060.

"Kami juga membangun smart grid yang meningkatkan variabel pembaharuan energi dari 5 GW menjadi 28 GW yang sebagian besar adalah tenaga surya dan angin. Dalam hal ini kita mampu mencapai nze 2060," katanya.

 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut