get app
inews
Aa Read Next : Gempa Terkini Magnitudo 5,6 Guncang Bengkulu Selatan, Tak Berpotensi Tsunami

Prediksi BMKG Semarang Jadi Kota Terpanas 37 Derajat Celsius pada 8-9 Oktober 

Rabu, 04 Oktober 2023 | 15:45 WIB
header img
BMKG memprediksi suhu udara di Semarang mencapai 37 derajat Celsius.. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi Semarang, Jawa Tengah menjadi kota terpanas pada 8-9 Oktober 2023 mendatang. Suhu udara mencapai 37 derajat Celsius.

“Prediksi suhu tertinggi mencapai 37 derajat Celsius tanggal 8-9 Oktober 2023 di Semarang,” ungkap BMKG dalam keterangannya, Rabu (4/10/2023).

BMKG menjelaskan penyebab suhu udara panas beberapa waktu terakhir. Musim kemarau dengan dominasi cuaca cerah pada siang hari di sebagian besar wilayah Indonesia menyebabkan penyinaran matahari ke permukaan bumi maksimal.

Selain itu, kata BMKG, kontribusi dari posisi semu matahari masih bergerak ke selatan ekuator yang berdampak pada penyinaran matahari yang relatif lebih intens dibandingkan wilayah lainnya.

“Faktor-faktor lain seperti kecepatan angin, tutupan awan, dan tingkat kelembaban udara juga mempengaruhi kondisi suhu panas di suatu wilayah,” jelas BMKG.

BMKG mengatakan sebagian besar wilayah di Indonesia mengalami kondisi yang lebih kering dengan intensitas hujan rendah yang dapat berdampak pada kekeringan.

“Oleh karenanya BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kondisi tubuh dan kecukupan cairan tubuh terutama bagi warga yang beraktifitas di luar ruangan pada siang hari supaya tidak terjadi dehidrasi, kelelahan, dan dampak buruk lainnya,” katanya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut