get app
inews
Aa Read Next : Turis Perempuan Asal Spanyol Diperkosa Beramai-ramai saat Bersepeda Keliling Dunia Bersama Suami

Wow! India Rencanakan Bikin Stasiun Luar Angkasa Sendiri dan Kirim Manusia ke Bulan

Sabtu, 21 Oktober 2023 | 15:54 WIB
header img
India Ingin Bangun Stasiun Luar Angkasa Sendiri dan Kirim Manusia ke Bulan (Foto: ISRO/X)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - India mengumumkan rencana membangun stasiun luar angkasanya sendiri pada 2035. Negeri Bollywood itu juga akan melaksanakan misi manusia ke Bulan lima tahun kemudian. 

India telah meningkatkan program luar angkasa dalam beberapa tahun terakhir, menjadi negara pertama di dunia yang berhasil mendaratkan pesawat luar angkasa di dekat kutub selatan Bulan pada Agustus lalu. 

Tak lama kemudian, pada  September mereka meluncurkan misi untuk mempelajari Matahari. Namun, penerbangan luar angkasa manusia adalah wilayah baru

.  Misi Gaganyaan yang akan datang menjadi pertama kalinya India mengirim astronot ke luar angkasa menggunakan kemampuannya sendiri. Kini India bersiap mulai menguji kendaraan yang akan mendukung awak manusia. 

Dalam pertemuan yang dipimpin oleh Perdana Menteri India Narendra Modi, badan antariksa negara tersebut menyusun rencana mencapai peluncuran berawak pertamanya pada 2025 menjelang misi akhirnya ke Bulan.

Mereka sedang melakukan demonstrasi penerbangan Kendaraan Uji Crew Escape System yang saat ini ditetapkan pada 21 Oktober, dan kemudian akan mengirimkan kendaraan peluncurannya pada tiga misi uji tanpa manusia di dalamnya. 

Secara keseluruhan, India merencanakan sekitar 20 tes menjelang pengiriman astronot ke luar angkasa. Negara tersebut mengatakan sedang membangun landasan peluncuran baru dan kendaraan peluncuran generasi berikutnya untuk mewujudkan tujuan lain yang “ambisius” menjadi mungkin. 

Selain mendirikan Bharatiya Antariksha Station atau Indian Space Station pada 2035 dan meluncurkan misi berawak ke Bulan pada 2040, India juga mengincar misi antarplanet. Modi juga menyatakan minatnya pada pengembangan pengorbit Venus dan pendarat Mars.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut