get app
inews
Aa Read Next : Dibantai Indonesia, Pelatih Vietnam Philippe Troussier Resmi Dipecat

Digebuk Irak, Rekor Timnas Indonesia di Laga Pembuka Piala Asia Terhenti

Selasa, 16 Januari 2024 | 07:52 WIB
header img
Timnas Indonesia gagal melanjutkan rekor di laga pembuka Piala Asia usai kalah saat bentrok Irak di laga pembuka Piala Asia 2023.(Foto: instagram)

DOHA, iNewsBalikpapan.id - Tim nasional (Timnas) Indonesia gagal melanjutkan rekor di laga pembuka Piala Asia . Sebab, Skuad Garuda harus menelan kekalahan saat bentrok Irak di laga pembuka Piala Asia.

Timnas Indonesia menelan kekalahan 1-3 dari Timnas Irak di laga pembuka Grup D Piala Asia 2023. Pertandingan tersebut berlangsung di Ahmed bin Ali Stadium, Senin (15/1/2024) malam WIB. Mohanad Ali (17'), Osama Rashid (45+7'), dan Aymen Hussein (75') menjadi pencetak gol kemenangan Irak. Sedangkan satu-satunya gol balasan Timnas Indonesia dibuat oleh Marselino Ferdinan (35').

Kekalahan dari Irak membuat rekor istimewa Timnas Indonesia di Piala Asia harus terhenti. Sebab, untuk pertama kalinya sepanjang keikutsertaan di Piala Asia, Skuad Garuda menelan kekalahan di laga pembuka Piala Asia.

Sebelumnya Timnas Indonesia tak pernah menelan kekalahan di laga pembuka Piala Asia. Dalam empat edisi sebelumnya, Skuad Garuda sukses meraih dua kemenangan dan dua imbang.

Timnas Indonesia tampil pertama kalinya di Piala Asia pada 1996. Kala itu, Timnas Indonesia mampu menahan imbang 2-2 Kuwait melalui gol yang dibuat Widodo C Putro dan Ronny Wabia.

Kemudian, Timnas Indonesia kembali bertemu dengan Kuwait di laga pembuka Piala Asia 2000. Kala itu, Pasukan Garuda dan Kuwait harus puas berbagi satu angka usai bermain imbang tanpa gol.

Timnas Indonesia pun sukses meraih kemenangan di laga pembuka Piala Asia 2004. Saat itu, Timnas Indonesia sukses menaklukan Qatar dengan skor 2-1 lewat gol Budi Sudarsono dan Ponaryo Astaman.

Kemenangan Timnas Indonesia pun berlanjut di laga pertama Piala Asia 2007. Merah Putih sukses menaklukan Bahrain 2-1 lewat gil Budi Sudarsono dan Bambang Pamungkas.

Sementara usai menghadapi Irak, Timnas Indonesia akan bertemu dengan Vietnam di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat (19/1/2024). Kemudian, Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang di Al Thumama Stadium, Rabu (24/1/2024).

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut