get app
inews
Aa Read Next : Cuma 50 Persen Pemilih, Pencoblosan Ulang di Malang Sepi Peminat

Gunung Semeru Erupsi, Tinggi Letusan 600 Meter di Atas Puncak

Rabu, 17 Januari 2024 | 07:55 WIB
header img
Gunung Semeru Erupsi Rabu Pagi, Tinggi Letusan 600 Meter di Atas Puncak (Foto: Dok PVMBG)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Gunung Semeru erupsi pagi ini, Rabu (17/1/2024), pukul 06.39 WIB. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan tinggi kolom letusan 600 meter di atas puncak.

Gunung Semeru yang secara administratif terletak dalam dua kabupaten, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur itu masih berstatus siaga atau level III. 

“Terjadi erupsi G. Semeru pada hari Rabu, 17 Januari 2024, pukul 06:25 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 600 m di atas puncak (± 4276 m di atas permukaan laut),” ujar Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Yadi Yuliandi dalam keterangannya, Rabu (17/1/2024).

Sementara itu, Yadi mengatakan kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah utara dan timur laut. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung.

Lebih lanjut, Yadi mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

“Tidak beraktivitas dalam radius 5 Km dari kawah atau puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar),” katanya.

 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut