get app
inews
Aa Read Next : Dibantai Indonesia, Pelatih Vietnam Philippe Troussier Resmi Dipecat

Piala Asia 2023 Indonesia vs Vietnam: Begini Prediksi Ranking FIFA Jika Skuad Garuda Menang

Jum'at, 19 Januari 2024 | 21:21 WIB
header img
Duel Indonesia vs Vietnam bakal tersaji pada laga matchday kedua Grup D Piala Asia 2023,Jumat (19/1/2024).(Foto: instagram)

DOHA, iNewsBalikpapan.id - Duel Indonesia vs Vietnam bakal tersaji pada laga matchday kedua Grup D Piala Asia 2023,Jumat (19/1/2024). Pertandingan ini dipastikan bakal panas, mengingat kedua kesebelasan sama-sama punya misi wajib menang demi menjaga kans lolos ke fase 16 besar.

Timnas Indonesia maupun Vietnam sama-sama meraih hasil kurang bagus pada matchday pertama Grup D Piala Asia. Di satu sisi, skuad Garuda tumbang dari Irak, sedangkan Vietnam dikalahkan Jepang.

Berbekal hasil kekalahan di laga pertama, Indonesia dan Vietnam masih mengoleksi 0 poin. Maka dari itu, laga nanti malam bakal berjalan sengit karena memang statusnya sangat penting. Selain menjaga peluang lolos ke babak berikutnya, timnas Indonesia juga wajib menang agar bisa meningkatkan kembali peringkatnya di FIFA yang sempat turun. Berikut perhitungannya.

Hitung-hitungan Poin FIFA setelah Laga Indonesia vs Vietnam

Pada laga perdana Grup D Piala Asia 2023 pekan lalu, timnas Indonesia dikalahkan Irak dengan skor 1-3. Hasil ini membuat skuad Garuda terpaksa kehilangan sekitar 8,29 poin FIFA dan turun ke posisi 147 dunia dengan angka 1,053.65.

Laga melawan Vietnam pada matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 bakal jadi pertandingan penting. Tak hanya menjaga asa lolos ke babak 16 besar, kemenangan dari Golden Star Warriors (julukan timnas Vietnam) juga bakal memperbaiki peringkat FIFA timnas Indonesia.

Berdasarkan data laman Football Ranking, timnas Indonesia setidaknya bisa naik hingga 5 tingkat jika menang dari Vietnam di Piala Asia 2023. Rinciannya, skuad asuhan Shin Tae-yong bakal mengantongi 23,36 poin tambahan apabila menang dalam laga tersebut.

Jika ditambahkan pada koleksi poin FIFA yang saat ini dimiliki, timnas Indonesia akan melesat ke peringkat 142 dengan angka 1,076.91.

Nantinya, mereka bakal menyalip sejumlah negara lain seperti St Kitts and Nevis (146), Botswana (145), Ethiopia (144), Suriname (143), dan Antigua and Barbuda (142).

Sebaliknya, apabila timnas Indonesia kalah dari Vietnam, skuad Garuda hampir bisa dipastikan gugur dari ajang Piala Asia 2023. Selain itu, mereka juga harus kehilangan 11,74 poin dan kembali mengalami penurunan peringkat FIFA menuju 149 dunia.

Jadi, bisa dipahami bahwa laga timnas Indonesia melawan Vietnam di Piala Asia 2023 nanti sangatlah penting. Bukan sekadar mengejar target lolos ke babak 16 besar, namun juga demi menjaga peringkat FIFA yang telah mengalami peningkatan signifikan sebelumnya.

Demikianlah ulasan mengenai hitung-hitungan peringkat FIFA setelah pertandingan Indonesia vs Vietnam di Piala Asia 2023.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut