get app
inews
Aa Read Next : Ditetapkan Presiden Terpilih, Begini Pidato Perdana Prabowo Subianto

Isu Rencana Kemhan Beli Jet Tempur Mirage Bekas Qatar Disorot Media Asing

Minggu, 11 Februari 2024 | 15:05 WIB
header img
Media asing soroti kabar Indonesia batalkan rencana pembelian jet tempur Mirage 2000-5 bekas Qatar (ilustrasi). (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id – Media asing ramai-ramai menyoroti isu pembelian jet tempur Mirage bekas Qatar oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI. Hari ini, berbagai media luar negeri mengangkat kabar pembatalan rencana pembelian pesawat tersebut oleh kementerian yang dipimpin Menhan Prabowo Subianto itu.

Reuters menulis berita bertajuk “Indonesia Scraps Plan to Buy Mirage Fighter Jets from Qatar”. Kantor berita yang berpusat di London, Inggris, itu menyebutkan, Indonesia telah membatalkan rencana kontroversial untuk membeli jet tempur Mirage 2000-5 senilai 733 juta euro (lebih dari Rp12,3 triliun) yang sebelumnya digunakan oleh Qatar. Pembatalan itu dikonfirmasi oleh Staf Khusus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik, Sosial Ekonomi, dan Hubungan Antarlembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, pada Sabtu (10/2/2024) malam.

 “Jadi tidak ada pembelian pesawat Mirage, dan artinya tidak ada kontrak yang efektif di Kemhan terkait dengan pembelian Mirage,” kata dia. 

Dahnil pun menyebut isu dugaan korupsi yang tengah berembus terkait pembelian jet itu sebagai hoaks alias berita palsu. “Jadi secara konten semua yang disampaikan di berita hoaks tersebut jelas adalah fitnah,” ujar Dahnil. 

Masih menurut laporan Reuters, Kemhan pada bulan lalu hanya menyebutkan bahwa kesepakatan untuk membeli 12 jet tempur Mirage dari Qatar tertunda karena kendala fiskal. Sebagai gantinya, Indonesia akan melakukan peremajaan terhadap pesawat tempur Sukhoi dan F-16 yang sudah ada.

“Rencana pembelian ini menimbulkan kontroversi ketika diumumkan tahun lalu, karena para anggota parlemen mengatakan jet bekas tersebut sudah tua,” tulis Reuters.

Media itu mengatakan, sebagai capres yang juga menhan, Prabowo telah dikritik mengenai kesepakatan tersebut oleh para calon presiden lainnya selama kampanye. Namun mantan pangkostrad itu berkeras membela rencana pembelian tersebut dalam salah satu debat capres, beberapa waktu lalu. Prabowo berdalih bahwa jet bekas tersebut masih bagus untuk 15 tahun ke depan dan diperlukan sementara oleh Indonesia sembari menunggu jet-jet yang baru tiba.

Berita yang ditulis Reuters hari ini dimuat dan dikutip oleh beberapa media lain di luar negeri, antara lain US News (media AS), Times of India, South China Mornig Post (Hong Kong), Alarabiyah (UEA), dan The Star (Malaysia).

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut