get app
inews
Aa Read Next : Gempa Terkini Magnitudo 5,6 Guncang Bengkulu Selatan, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa Terkini Magnitudo 4,9 Guncang Sukabumi

Sabtu, 02 Maret 2024 | 19:28 WIB
header img
Warga Sukabumi yang sedang bersiap melaksanakan ibadah salat Maghrib dikejutkan dengan gempa bumi yang terjadi pada Sabtu (2/3/2024) sekitar pukul 17.48 WIB(Foto: Ilustrasi/iNews.id)

SUKABUMI, iNewsBalikpapan.id - Warga Sukabumi yang sedang bersiap melaksanakan ibadah salat Maghrib dikejutkan dengan gempa bumi yang terjadi pada Sabtu (2/3/2024) sekitar pukul 17.48 WIB.

Guncangan gempa yang kuat membuat panik sebagian warga Sukabumi. Mereka berusaha menyelamatkan diri.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa berkekuatan 4,9 magnitude terjadi di 7.55 LS - 106.68 BT atau berpusat di 64 kilometer tenggara Kabupaten Sukabumi.

Kedalaman gempa 28 kilometer dirasakan di Kabupaten dan Kota Sukabumi dan Palabuhanratu.

Salah satu warga Puri Cibeureum Permai 1, Irman Herdiman mengatakan, gempa yang terjadi hari ini, dirasakan lebih besar guncangannya dibandingkan dengan gempa yang terjadi pada Minggu (25/2/2024) lalu.

"Saya lagi mau ambil air wudhu, tiba-tiba ada gempa bumi. Guncangannya lebih kuat, tembok rumah saya juga mengeluarkan suara gesekan seperti bunyi patahan. Tapi belum terlihat ada kerusakan," ujar Irman kepada MNC Portal Indonesia.

Sementara itu Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Novian Rahmat mengatakan, pihaknya sudah memonitoring kejadian gempa bumi tersebut dan melakukan pengecekan di sejumlah wilayah Kota Sukabumi.

"Untuk sementara, saat ini belum ada informasi rumah dan warga yang terdampak gempa tersebut, namun kami terus monitor di lapangan sebagian dan sebagian lagi monitor lewat pesawat komunikasi di kantor, untuk memastikannya," ujar Novian Rahmat melalui sambungan telepon.

Lebih lanjut Novian Rahmat mengatakan, pihaknya masih terus bersiaga melakukan monitoring dampak dari gempa bumi tersebut, namun dirinya berharap tidak ada kejadian kerusakan yang mengakibatkan korban luka ataupun jiwa dan kehilangan harta benda.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut