get app
inews
Aa Read Next : Berkah Ramadhan, PLN UIP KLT Bersama YBM PLN Salurkan Bantuan ke 780 Mustahik

Jadwal Buka Puasa Kota Balikpapan Hari Ini Kamis 21 Maret 2024

Kamis, 21 Maret 2024 | 13:29 WIB
header img
Jadwal buka puasa kota Balikpapan dan Sekitarnya Kamis 21 Maret 2024. (Foto Ilustrasi/Doc muslimaid)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Jadwal buka puasa di Kota Balikpapan hari ini, Kamis 21 Maret 2024 bisa dijadikan panduan muslim di wilayah Balikpapan sebagai waktu berbuka. 

Waktu berbuka merupakan momen paling membahagiakan bagi orang yang berpuasa. Karenanya, buka puasa hendaknya dilakukan dengan penuh rasa syukur. Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah SAW pernah bersabda:

لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ

Artinya: Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. (HR. Muslim).

Buka puasa juga salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Doa orang yang berpuasa akan dikabulkan Allah dengan syarat bersungguh-sungguh mematuhi perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Rasulullah saw bersabda:

ثَلَاثَةٌ لَا تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ: الْإِمَامُ الْعَادِلُ، وَالصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ، وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ تُحْمَلُ عَلَى الْغَمَامِ، وَتُفْتَحُ لَهَا أَبْوَابُ السَّمَاوَاتِ، وَيَقُولُ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ: وَعِزَّتِي لَأَنْصُرَنَّكَ وَلَوْ بَعْدَ حِينٍ

Tiga orang yang doa mereka tidak terhalang, yaitu imam (pemimpin) yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka, dan doa orang yang dizholimi. Doa mereka dibawa ke atas awan dan dibukakan pintu langit untuknya, lalu Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Demi izzah-Ku, Aku akan menolongmu meski setelah beberapa waktu.” (HR Ahmad, dari Abu Hurairah, shahih lighairihi).

Berikut jadwal buka puasa di Balikpapan hari ini dikutip dari portal resmi Bimas Islam Kementerian Agama.

Jadwal Buka Puasa Balikpapan Hari Ini 2024

Kota Balikpapan

Magrib : 18.26 WITA

Isya : 19.34 WITA

Doa Buka Puasa

Saat berbuka puasa disunnahkan minum dan makan yang manis karena bisa mengembalikan energi tubuh yang ilang. Setelah itu, baru membaca doa berbuka.  

اللَّهُمَّ لَك صُمْت وَبِك آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ، ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إنْ شَاءَ اللَّهُ .

Allahumma laka shumtu wabika aamantu wa 'alaa rizqika afthartu dzhaba dhomau wabtallatil uruuqu watsabatal ajru insyaallah.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut