get app
inews
Aa Read Next : Berkah Ramadhan, PLN UIP KLT Bersama YBM PLN Salurkan Bantuan ke 780 Mustahik

Paruh Pertama Ramadhan, Total 8 Juta Muslim Tunaikan Ibadah Umrah

Kamis, 28 Maret 2024 | 14:48 WIB
header img
Pemerintah Arab Saudi mencatat, selama paruh pertama Ramadhan 1445 H, ada lebih dari 8 juta Muslim yang melakukan ibadah umrah di Tanah Suci. (Foto: Ist.)

RIYADH, iNewsBalikpapan.id – Tanpa terasa, perjalanan waktu kini telah sampai di pertengahan Ramadhan 1445 H. Selama paruh pertama bulan yang mulia tersebut, ada lebih dari 8 juta Muslim yang melakukan ibadah umrah di Tanah Suci.

“Sebanyak 8.235.680 orang telah melakukan umrah sejak musim dimulai,” ungkap Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, akhir pekan kemarin.

Madinah dan Makkah ramai dikunjungi umat Islam dari seluruh dunia selama bulan suci. Mereka datang berduyun-duyun ke Masjidil Haram dari dalam dan luar Arab Saudi demi mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Berbeda dengan haji, umrah dapat dilakukan oleh kaum muslim kapan saja sepanjang tahun. Meski tidak wajib, umrah memiliki makna spiritual yang agung bagi orang-orang mukmin.

Pekan lalu, Kementerian Haji dan Umrah mengumumkan pembatasan umrah lebih dari satu kali bagi setiap jamaah selama Ramadhan. Kebijakan itu sebagai bagian dari upaya mencegah kepadatan berlebih selama bulan suci.

Untuk menegakkan kebijakan tersebut, platform Nusuk (portal elektronik yang digunakan untuk izin umrah) akan menampilkan pesan error bagi pengguna yang mencoba meminta izin umrah untuk kedua kalinya selama Ramadhan.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut