get app
inews
Aa Read Next : Kemenparekraf Gelar Kurasi Bedah Desain Kemasan untuk Pelaku Ekraf di IKN

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Ungkap Presiden Baru Dilantik di IKN

Selasa, 02 April 2024 | 21:33 WIB
header img
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto: Iqbal Dwi)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa presiden terpilih berikutnya akan dilantik di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal itu berdasarkan beberapa pertimbangkan kesiapan infrastruktur.

Menurut Basuki, saat ini infrastruktur dasar tengah dibangun oleh Kementerian PUPR dalam rangka persiapan pemindahan pusat ibu kota mulai bulan Agustus mendatang. 

"Pelantikan Presiden (baru) rencana di sana (IKN)," ujar Basuki saat ditemui di Kompleks DPR, Selasa (2/4/2024).

Sedangkan untuk rangkaian kegiatan peringatan 17 Agustus sendiri, kata Basuki, pidato kenegaraan 16 Agustus masih dilangsungkan di Jakarta. Sedangkan untuk upacara 17 Agustus akan dilakukan di IKN. 

"Kalau 17 Agustus di sana, mungkin pidato kenegaran masih tetap di sini," tuturnya. 

Basuki menjelaskan hingga saat ini memang Gedung DPR masih belum masuk dalam tahap konstruksi di IKN. Bahkan belum ada rencana dalam daftar proyek yang dibangun hingga kurun waktu 2024. 

"Saya baru dapat data dari Mensesneg dari 31 organisasi yang menurut UU kedudukan berada di Ibu kota, baru 3 yang sudah groundbreaking. Itu BI, BPJS, dan OJK, yang lain belum ada. Seperti DPR, MPR, DPD, itu belum ada (dalam daftar pembangunan)," kata Basuki. 

Namun demikian menurutnya, pembangunan gedung DPR kemungkinan sudah bisa masuk dalam kajian Feasibility Study sebelum masuk dalam tahap lelang hingga proses konstruksi di tahun 2025 mendatang.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut