get app
inews
Aa Read Next : PLN UIP KLT Bangun SUTT 150 kV Grogot ke Sei Durian, Perkuat Sistem Interkoneksi Kaltim-Kalsel

Perayaan HUT Ke-79 RI di IKN, Kemenparekraf Targetkan 12.000 Wisatawan

Senin, 10 Juni 2024 | 20:47 WIB
header img
Perayaan HUT Ke-79 RI di IKN, Kemenparekraf Targetkan 12.000 Pergerakan Wisatawan Tercapai (Foto: Wiwie)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur akan disiapkan menjadi venue merayakan Hari Ulang Tahun ke-79 RI. Event yang akan diselenggarakan pada 17 Agustus 2024 ini diharapkan dapat meningkatkan pergerakan wisatawan.

 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memperkirakan, setidaknya 12 ribu pergerakan wisatawan akan terjadi dalam perayaan HUT RI tahun ini. "Kemenparekraf berharap 12 ribu pergerakan akan terjadi di perayaan (HUT ke-79 RI) itu," ujar Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama, Nia Niscaya, dalam ‘The Weekly Brief with Sandi Uno’ (WBSU), di kantor Kemenparekraf, Jakarta, Senin, (10/6/2024).

Nia menjelaskan, perhitungan 12 ribu pergerakan wisatawan diperoleh berdasarkan daftar undangan, SDM teknis, hingga sejumlah pendukung acara yang terlibat. Meski begitu, dia belum bisa memastikan dampak ekonomi yang dihasilkan dari perayaan HUT ke-79 RI tahun ini.

"Perhitungan ini berdasarkan daftar undangan, kemudian SDM teknis yang terkait dan juga pendukung acara," kata Nia. 

"Tentu kalau untuk melihat dampak ekonomi, itu kita perlu waktu untuk mengkaji,” katanya. 

Sebagai informasi, Kemenparekraf melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut rencana peringatan HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Sejauh ini, Kemenparekraf tengah berkoordinasi dengan pihak-pihak pendukung, tidak terkecuali dengan Kementerian Sekretariat Negara. 

“Nih orang-orang sering bertanya, jadi nggak HUT di IKN? Tapi yang jelas, hingga saat ini Kemenparekraf terus berkoordinasi dengan Kementerian Sekretariat negara dan pihak-pihak pendukung,” ujar Nia.

Nia lantas membeberkan sejumlah peran dari Kemenparekraf dalam perayaan ulang tahun kemerdekaan RI yang ke-79 di IKN. Mulai dari mempersiapkan acara kesenian, side event, hingga membuat aktivasi galeri UMKM. 

“Apa peran Kemenparekraf ketika perayaan ulang tahun kemerdekaan ke-79 di IKN? Ada 4 hal, yang pertama adalah penampilan kesenian pada acara ini, kemudian juga pelaksanaan side event, yang ketiga, tentu kami bersama ADG membuat logo perayaan dan juga aktivasi galeri UMKM di sumbu kebangsaan. Itulah yang bisa kita lakukan,” ujarnya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut