get app
inews
Aa Read Next : Mantan Ketua Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud Dapat Konsesi Kelola Pelabuhan di Balikpapan 54 Tahun

Biaya HUT RI di IKN Tembus Rp87 Miliar, Tahun Lalu di Jakarta Hanya Rp53 Miliar

Jum'at, 16 Agustus 2024 | 16:13 WIB
header img
Biaya HUT RI di IKN Tembus Rp87 Miliar, Tahun Lalu di Jakarta Hanya Rp53 Miliar (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata mengungkapkan anggaran peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN) naik menjadi Rp87 miliar. Padahal, sebelumnya di Jakarta hanya Rp53 miliar.

“Mengenai biaya perayaan HUT RI di IKN, jadi tahun ini kami menyiapkan anggaran Rp87 miliar untuk kegiatan perayaan 17-an di IKN. Kalau dibandingkan tahun lalu di Jakarta itu Rp53 miliar,” kata dia dalam konferensi pers APBN KiTa Edisi Agustus 2024, Selasa (13/8/2024).

Menurut Isa, kenaikan anggaran tersebut dikarenakan pengadaan alat-alat perayaan di IKN yang berada di Kalimantan Timur serta jamuan yang memang terbatas. Tak cuma itu, perayaan tahun ini juga dilakukan di dua tempat dari sebelumnya yang hanya di Jakarta. 

“Kenaikannya memang terutama karena pengadaan alat-alat perencana yang baru di sana, terutama yang biaya serta rinciannya itu dengan biaya besar itu alat pelaksanaannya, penyiapan sarana fisiknya memang perlu dilakukan di tempat yang terpisah,” tutur Isa. 

“Dan jamuan juga lebih besar karena memang yang di Jakarta tersedia cukup sarana prasarana untuk jamuan,” ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menanggapi anggaran pelaksanaan upacara peringatan HUT RI kali ini digelar di dua tempat, yakni di Jakarta dan IKN. Ia menilai wajar apabila ada anggaran yang lebih besar. Namun, Kepala Negara mengeklaim bahwa kenaikan anggaran tidak signifikan. 

“Tapi kan bukan lompatan yang anu (bukan kenaikan yang besar). Saya kira anggaran biasa, wajar, dan juga anggarannya di Kementerian Setneg (Kementerian Sekretariat Negara)," kata Jokowi.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut