get app
inews
Aa Read Next : Uzbekistan Lawan Timnas Indonesia U-23 di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Suhu saat Puncak Haji Diperkirakan Capai 49 Derajat Celsius, Ini Tips Bagi Jamaah

Sabtu, 21 Mei 2022 | 20:42 WIB
header img
Suhu puncak ibadah haji diperkirakan mencapai 49 derajat celcius Foto: ilustrasi

JAKARTA, iNews.id - Suhu di Arab Saudi saat puncak pelaksanaan ibadah haji diperkirakan mencapai 49 derajat celsius. Untuk itu, Kementerian Agama (Kemenag) meminta calon jemaah memperhatikan kesehatan saat pelaksanaannya.

"Waktu puncak haji tahun lalu itu 48-49 derajat celsius. Kemungkinan tahun ini sama," ujar Kepala Sub Direktorat Bina Petugas Haji Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Suvianto di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Sabtu (21/5/2022).

Ia pun memperkirakan suhu di puncak haji tahun ini akan sama, yakni mencapai 49 derajat celsius. Apalagi, nantinya akan ada banyak jemaah karena pelaksanaan haji dilakukan secara akbar. "Apalagi pada tahun ini potensi haji akbar," kata dia melanjutkan.

Untuk itu, calon jemaah haji diminta menjaga kesehatan, tidak terlalu banyak aktivitas di luar serta banyak minum air saat di Arab Saudi. Harapannya, jemaah haji bisa memiliki kondisi badan yang baik.

"Kami meminta calon jemaah haji dan petugas juga untuk mengimbau untuk terus mengedukasi pola hidup sehat di Arab Saudi," tutur dia. 

Menurut dia, titik krusial ibadah adalah saat pelaksanaan puncak haji di Arafah, Muzdhalifah dan Mina (Armuzna). Di mana semua jemaah haji di seluruh dunia yang melaksanakan ibadah haji berkumpul untuk melakukan wukuf di Arafah, mabit atau bermalam di Mina hingga melempar jamarat.

"Belum lagi mengikuti puncak ibadah haji di Armuzna," tutup dia.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut