get app
inews
Aa Read Next : Mentan Sebut Sulbar Bakal Jadi Pemasok Bahan Pangan IKN

Luhut Sebut Pemindahan Kantor Pemerintah ke IKN Rampung pada Kuartal II 2024

Minggu, 22 Mei 2022 | 14:06 WIB
header img
IKN Nusantara (Ilustrasi)

JAKARTA, iNews.id - Proses pemindahan kantor-kantor utama pemerintah pusat dari DKI Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang terletak di Kalimantan Timur diharapkan rampung pada kuartal II 2024.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat menjadi pembicara di Perayaan Dies Natalis ke-60 Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) yang dilaksanakan di Balikpapan, Sabtu (21/5/2022).

 “Proses pemindahan kantor-kantor utama pemerintahan pusat dari Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara ditargetkan selesai pada kuartal kedua di tahun 2024,” ujar Luhut dalam keterangan resmi, Minggu (22/5/2022).

 Luhut meyakinkan bahwa pembangunan ibu kota negara baru menarik minat besar dari investor mancanegara. Dia menegaskan, tidak benar jika dibilang pembangunan IKN minim pendanaan. Menurutnya, investasi yang dulu hanya berpusat di Jawa dan Sumatera, kini tersebar ke berbagai daerah lain, termasuk Kalimantan. 

Luhut turut menggarisbawahi, IKN Nusantara diperuntukkan bagi generasi muda yang akan menikmatinya di masa mendatang. Bentuknya tak akan kalah dengan pembangunan kota modern, seperti Neom di Arab Saudi, Dubai di Uni Emirat Arab, serta Shenzhen di Tiongkok. 

"IKN will be 'world-class city for all' (kota kelas dunia bagi semua orang). Sudah banyak pihak memberi hormat atas konsep kita membangun ibu kota baru," ucapnya.

Lebih lanjut, Luhut menyampaikan bahwa saat ini pembangunan Indonesia jauh lebih merata. Selain menjadi lokasi pembangunan ibu kota negara, kini banyak industri baru tumbuh di Kalimantan, seperti pembangunan industri energi baru di Kalimantan Utara.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut