get app
inews
Aa Read Next : Pemilik Warung Madura di Tangsel Dibunuh, Mayat Korban Dimasukin dalam Sarung

Unik, Boeing Bawa Karakter Kerbal Space Program ke ISS

Senin, 23 Mei 2022 | 20:00 WIB
header img
Boeing bawa karakter Kerbal Space Program ke ISS. Foto: Boeing

JAKARTA, iNews.id - Usai dua setengah tahun tertunda, kapsul Starliner Boeing berhasil merapat dengan International Space Station (ISS). Itu adalah milestone penting bagi perusahaan yang setidaknya dalam imajinasi populer berjuang mengejar ketinggalan dengan SpaceX. Jadi, sudah sepantasnya bagaimana Boeing memutuskan akan merayakan misi yang sukses.

Ketika kru ISS membuka palka ke Starliner, mereka menemukan kejutan di dalam pesawat ruang angkasa. Mengambang di sebelah boneka uji duduk Orbital Flight Test-2 adalah mainan mewah yang mewakili Jebediah Kerman, salah satu dari empat "Kerbonaut" asli yang ditampilkan dalam Kerbal Space Program, sebagaimana dikutip dari Engadget. Jeb, begitu dia lebih dikenal oleh komunitas KSP, berperan sebagai indikator nol-g penerbangan. 

Kosmonot Rusia Yuri Gagarin membawa boneka kecil bersamanya dalam penerbangan antariksa manusia yang pertama, dan sejak itu telah menjadi tradisi bagi sebagian besar awak ruang angkasa untuk membawa mainan mewah agar mudah dilihat saat mereka memasuki lingkungan gravitasi mikro. 

Jika pernah memainkan Kerbal Space Program (KSP), Anda pasti tahu mengapa Boeing memutuskan untuk mengirim Jeb ke luar angkasa. Di KSP, merancang pesawat luar angkasa yang akan membawa Kerbonaut Anda ke orbit dan seterusnya bukanlah tugas yang mudah.  Seringkali desain awal Anda akan jatuh dan hancur saat mereka berjuang untuk terbang bebas dari gravitasi Kerbin. 

Tetapi Anda kembali ke papan gambar dan mengubah desain sampai Anda menemukan yang sesuai. Di satu sisi, itulah yang harus dilakukan para insinyur Boeing setelah uji terbang pertama Starliner pada tahun 2019 gagal karena masalah perangkat lunak, dan yang kedua tertunda karena masalah katup yang tidak terduga.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut