get app
inews
Aa Read Next : Korupsi BTS, Johnny G Plate Divonis 15 Tahun Penjara

Google Proyeksikan Potensi Ekonomi Digital Indonesia Tahun 2025 Capai Rp2.051 Triliun

Selasa, 24 Mei 2022 | 14:30 WIB
header img
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (kiri) seusai pertemuan bilateral dengan Presiden Google Asia Pasifik Scott Beaumont, Senin (23/05/2022). Foto: Istimewa

JAKARTA, iNews.id - Google memproyeksikan potensi ekonomi digital Indonesia pada Tahun 2025 tumbuh mencapai 140 miliar dolar AS atau sekitar Rp2.051 Triliun. Hal tersebut, disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Google Asia Pasifik Scott Beaumont, di sela-sela acara World Economy Forum di Davos, Swiss, Senin (23/05/2022). 

“Google mempunyai atensi yang cukup tinggi karena perkembangan digital ekonomi Indonesia selama Covid-19 bertumbuh positif, tahun 2021 ekonomi digital menjadi double digit dan tahun 2022 kuartal pertama tumbuh sebesar tujuh persen,” kata Johnny G Plate, dikutip Selasa (24/5/2022). 

Menurut dia, proyeksi tersebut bisa tercapai jika Indonesia mampu memanfaatkan ruang digital dan menghindari penyalahgunaan penggunaan teknologi informasi.

“Pengembangan ekonomi digital menjadi salah satu strategi utama transformasi ekonomi Indonesia dan ditujukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19,” ujar Johnny.

Pengembangan ekonomi digital ini, lanjutnya, juga didorong oleh adanya pergeseran perilaku masyarakat yang cenderung menggunakan platform digital di berbagai sektor. Menkominfo menjelaskan, pertemuan bilateral dilakukan untuk menindaklanjuti kerjasama pemerintah Indonesia dengan google tentang ekosistem digital agar semakin bermanfaat bagi masyarakat. 

Kerja sama yang sudah dilakukan antara lain program pengembangan sumber daya manusia, pemanfaatan sistem digital dan penanggulangan berita hoax.

“Dengan memperluas jaringan infrastruktur dan penguatan sumber daya manusia, maka peluang ekonomi digital semakin bermanfaat” tutup Johnny.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut