get app
inews
Aa Read Next : Kapal Angkut 37 Orang Tenggelam di Tengah Laut Mamuju, Diterjang Gelombang Tinggi

KM Ladang Pertiwi 1 Tenggelam Akibat Habis Bahan Bakar

Sabtu, 28 Mei 2022 | 13:10 WIB
header img
Basarnas Makassar melakukan pencarian dan evakuasi korban kapal tenggelam di peraian Kepulauan Pangkep. Foto: Basarnas Makassar

MAKASSAR, iNews.id - KM Ladang Pertiwi 1, rute Paotere-Pulau Kalmas, Kepulauan Pangkep diduga tenggelam di Selat Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), akibat kehabisan bahan bakar di tengah cuaca buruk.

Kepala Basarnas Sulsel Djunaidi mengatakan, kapal tenggelam pada Kamis (26/5/2022) pukul 03.30 WITA. Namun Basarnas Makassar baru menerima informasi pada Sabtu (28/5/2022).

"Setelah menerima informasi, kami segera memberangkatkan tim rescue berjumlah 40 orang yang terdiri 24 orang ABK, 12 orang rescuer, dan 4  orang potensi SAR untuk segera melakukan pencarian terhadap penumpang kapal yang diperkirakan tenggelam di selat Makassar," kata Djunaidi.

Djunaidi mengatakan, dari informasi yang diterima ada sekitar 60 penumpang dalam kapal. Namun berdasarkan laporan dari keluarga korban berjumlah 43 orang.

Sebanyak tujuh orang penumpang telah ditemukan dalam keadaan selamat olet TB Sabang 25 sekitar pukul 08.30 WITA dan sedang dalam perjalanan ke Banjarmasin.

"Dari hasil komunikasi melalui radio kapal, bahwa kapal TB Sabang 25 berhasil kontak dengan TB Max yang membawa 9 orang dan TB Cipta 2002 membawa 1 orang. Kebetulan kedua kapal tersebut menuju ke Morowali, diperkirakan singgah di perairan Tanakeke untuk menurunkan korban," katanya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut