get app
inews
Aa Read Next : FIFA Tunjuk Cile Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2025, Ambisi Indonesia Pupus

5 Makanan Tradisional Khas Indonesia yang Memiliki Nama Unik, Rasanya Tetap Lezat

Sabtu, 04 Juni 2022 | 16:00 WIB
header img
Mencicipi makanan khas tradisional Indonesia yang memiliki nama unik. Foto: Intragram @by.ayibamaulia

JAKARTA, iNews.id - Indonesia yang dikenal sebagai negara kepulauan memiliki banyak makanan tradisional enak dan lezat. Selain bercitarasa tinggi, makanan tradisional Indonesia juga dikenal karena keunikannya.

Penasaran, apa saja makanan tradisional yang patut Anda ketahui dan cicipi? Berikut ulasan beberapa makanan tradisional unik yang ada di Indonesia. Dirangkum pada Sabtu (4/6/2022).
 

1. Sate Kere

Makanan tradisional pertama yang wajib dicicipi adalah sate kere asal Solo. Dari namanya saja orang sudah bisa memahami, kata kere bermakna susah atau miskin.

Sate ini dulu dijadikan makanan bagi masyarakat kurang mampu. Sate kere terbuat dari bahan dasar jeroan sapi, ampas tahu, atau tempe. Seperti sate pada umumnya, star kere dibumbui dengan bumbu kecap dan kacang. Memiliki citarasa yang lezat.

 

2. Nasi Jinggo

Makanan tradisional Bali ini dikenal enak. Nasi yang masih dibungkus dengan daun pisang memberikan citarasa khas dan unik.  

Nasi Jinggo disajikan dalam porsi yang kecil, seperti sego kucing asal Yogyakarta, Surakarta, dan lainnya. Mengapa murah meriah, karena dijual dengan harga Rp1.500 - Rp4.000.

Adapun sejarah nasi jinggo dimulai sejak 1980-an. Tidak ada yang tahu pasti darimana asal nama nasi jinggo berasal. Salah satu versi menyebutkan, jinggo berasal dari bahasa Hokkien yang berarti "seribu lima ratus", sesuai harga pasaran nasi jinggo sebelum krisis moneter di Indonesia.

Makanan tradisional ini terdiri dari nasi dengan porsi sedikit kemudian diberi lauk ayam sisit (suwir), sambal sero, kering tempe, serundeng, serta mi goreng, dan lainnya. Dengan porsinya yang mini membuat siapa pun merasa ketagihan.

 

3. Kue Ape/Kue Tete

Dari namanya saja sudah menggelitik, makanan tradisional ini berasal dari Jakarta. Bernama kue Tete atau disebut juga Ape atau Serabi sangatlah populer di kalangan masyarakat. Harganya sangat murah berkisar Rp1.000 - Rp2.000 sudah bisa menambah camilan.

Kue ini biasa dijajakan di jalan atau di depan sekolah yang dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan susu. Saat ini dijual dengan berbagai variasi warna dan taburan di atasnya (keju atau meses). 

Asal usul pemberian nama kue Tete, sebab banyak masyarakat melihat bentuk kue ape ini seperti payudara. Di mana kue adonan hijau hanya berbentuk bulat di bagian tengah dan kelilingnya kering dan tipis.

 

4. Nasi Kentut

Makanan tradisional asal Medan ini terdengar unik dari namanya. Bukan makanan yang jorok, melainkan nama kentut ialah berasal dari nama daun pembungkus, yang berasal dari tanaman kentut.

Ada beragam pilihan yang dapat menjadi teman nasi kentut. Mulai dari ikan teri, kentang pedas, pepes oncom, tumis sayur, hingga ayam goreng. Jangan sampai ketinggalan sambal terasi atau sambal ijo sebagai pelengkap cita rasa makanan ini.

Harganya juga cukup bersahabat sekitar Rp5.000 - Rp15.000, tergantung lauk yang dipilih untuk menjadi teman bersantap sehari-hari.

 

5. Sego Kucing

Makanan tradisional satu ini cukup unik dari namanya, Sego kucing bukan berarti buat kucing. Melainkan porsinya yang sedikit ibarat makanan kucing.  Sego yang bermakna nasi dalam bahasa Jawa.

Makanan yang berasal dari Yogyakarta, Semarang, dan Surakarta ini identik dengan bungkusan daun pisang. Nasi kucing bisa ditemukan di warung-warung kecil pinggir jalan atau warung makan. Dengan harga kisaran Rp3.000 - Rp5.000.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut