get app
inews
Aa Read Next : Profil Prajogo Pangestu, Orang Terkaya di Indonesia Berharta Rp1.124 Triliun

Banyak Jemaah Calon Haji Kehilangan Sandal Di Masjid Nabawi, Begini Penjelasan Kemenag

Senin, 06 Juni 2022 | 12:30 WIB
header img
Ilustrasi ibadah haji. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNews.id - Jemaah haji asal Indonesia mengeluhkan kehilangan sandal saat beraktivitas di Masjid Nabawi. Penyebabnya mereka lupa posisi awal meletakkan atau menyimpan sandalnya.

"Padahal kadang dia lupa taruh sandalnya di mana, mungkin dia masuk pintu mana, terus sandal diletakkan di loker. Beres salat lupa tadi sandalnya taruh di mana dan lupa juga masuk pintu lewat mana," ujar Petugas Haji di Posko Utama Masjid Nabawi Siti Isnaini dikutip dalam laman resmi Kemenag, Senin (6/6/2022).

Walaupun begitu sangat tidak disarankan jemaah haji nekat pulang ke hotel tanpa alas kaki. Sebab saat ini cuaca di Madinah tengah memasuki musim panas dimana suhu siang hari bisa mencapai 43-46 derajat celsius. Cuaca yang panas tersebut jika dilewati jemaah haji tanpa menggunakan alas kaki dapat menyebabkan kaki melepuh.

"Sandal harus tetap dipakai, nanti dibuka saat di depan pintu masjid," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Amin Handoyo.

Namun ketika jamaah haji akan  masuk masjid, mereka dapat menyimpan sandal dalam plastik yang dibawa. Kemudian, sandal juga dapat diletakkan di sisi jemaah saat salat atau, dimasukkan bahkan diikatkan di tas yang dibawa.

"Jadi buka saja di depan pintu masuk masjid, lalu selesai salat begitu keluar pakai langsung," ujar dia.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut