Masjid Jami Al Ula Balikpapan Dipadati Ribuan Jemaah Salat Idul Adha 1443 H

Mukmin Azis
Masjid Jami Al Ula Balikpapan Barat Ribuan Jemaah Salat Idul Adha 1443 H (Foto: Mukmin Azis/iNews)

BALIKPAPAN, iNews.idMasjid Jami Al Ula Balikpapan dipadati ribuan jemaah Salat Idul Adha 1443 Hijriah, Minggu (10/7/2022). Mereka yang datang didominasi oleh kelompok keluarga.

Berdasarkan pantauan iNews di lapangan, sejak pukul 06.20 WITA, warga sudah berbondong bondong melaksanakan salat Idul Adha. 

Pelaksanaan salat dimulai pukul 07.25 wita didahului dengan sambutan panitia, pengurus masjid dan wakil pemerintah kota Balikpapan.

Dalam sambutan wali kota yang dibacakan panitia masjid Jami Al Ula mengingatkan kepada kaum muslimin kota Balikpapan khsususnya panitia kurban agar betul-betul meneliti dalam memilih hewan korban karena mewabahnya penyakit mulut dan kuku (PMK).

Pemkot Balikpapan juga sudah mengeluarkan surat edaran nomor 524l0698/DP3 tentang pelaksanaan kegiatan kurban Hari Raya Idul Adha 1443 H dalam kewaspadaan penyakit mulut dan Kuku.

Pemkot Balikpapan juga mengimbau umat islam lebih hati-hati dalam memilih dan membeli hewan kurban yang sehat dan tidak cacat sesuai kriteria serta menjaga tetap sehat hingga Penyembelihan.

Dalam proses penyembelihan hewan kurban, pemkot mengimbau mengutamakan penyembelihan di rumah potong hewan, dan pendistribusian kepada badan amil zakat.

Namun karena keterbatasan jumlah dan jarak RPH, penyembelihan dapat dilakukan diluar RPH dengan ketentuan yakni melaksanakan penyembelihan di area yang luas dan direkomendasikan oleh instansi terkait.

Membatasi kehadiran pihak-pihak selain petugas penyembelihan hewan kurban dan orang yang berkurban.

Menerapkan protokol kesehatan pada saat proses penyembelihan, pengulitan, pencacahan, pengemasan hingga pendistribusian daging.

Memastikan kesehatan hewan kurban melalui kordinasi dinas terkait. Penyembelihan dilakukan petugas yang kompeten dan sesuai syariat islam.

Editor : Mukmin Azis

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network